Metro Bintan

Alur Dangkal, ASDP Saran Alihkan Uban-Tambelan

RoRo Tanjungpinang-Tambelan Segera Dibuka

Penumpang kapal RoRo dari Batam turun di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, kemarin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Kapal RoRo lintasan Tanjungpinang Tambelan atau sebaliknya akan dibuka.

Hanya dikarenakan alur yang dangkal di pelabuhan RoRo Dompak, Tanjungpinang, PT ASDP Batam menyarankan agar lintasan tersebut dialihkan menjadi lintasan Tanjunguban-Tambelan atau sebaliknya.

Manager Usaha PT ASDP Cabang Batam, Muhammad Firdaus mengatakan, belum lama ini dari pejabat Kemenhub RI ada turun ke Batam, diantaranya membahas rencana dibukanya kapal RoRo lintasan Tanjungpinang-Tambelan atau sebaliknya.

Saat ini, katanya, Kemenhub sedang menyiapkan kapal untuk melayani lintasan Tanjungpinang Tambelan. Kapal perintis berbobkt 1.500 GT tersebut, kabarnya sudah hampir selesai dikerjakan, hanya menunggu mesin yang diorder dari Jepang.

Hanya, di dalam rapat, rencana tersebut akan sulit terealisasi karena kapal yang sedang dikerjakan berbobot 1.500 GT, tidak sesuai dengan alur di pelabuhan tersebut.

“Tidak memungkinkan masuk kapal tersebut. Kapal kita yang Kundur dengan bobot di bawah 500 GT saja, tunggu air pasang baru bisa melayani penyeberangan,” kata dia.

ASDP, katanya menyarankan dialihkan menjadi lintasan Tanjunguban-Tambelan.

“Kita sarankan lewat Tanjunguban, karena kalau Telagapunggur kan sudah banyak lintasannya,” kata dia. Tujuannya, biar jalur lintasan kapal Tanjunguban menjadi ramai.

Dari pembahasan itu, dia mengatakan, pejabat Kemenhub RI langsung turun ke lapangan untuk survei.

“Kendalanya memang di alur yang dangkal di Pelabuhan Dompak. Akhirnya lintasannya akan dibicarakan lagi. Karena sejauh ini, kapal tersebut disubsidi untuk lintasan Tanjungpinang ke Tambelan atau sebaliknya,” kata dia. (met)