Metro Bintan

Pelabuhan International BBT Lagoi Dipasang Alat Pemindai Suhu Badan

Deteksi Penyakit Menular Cacar Monyet

Turis ketika turun di Pelabuhan International BBT Lagoi, belum lama ini. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

batampos.co.id – Petugas Karantina Kesehatan Kepelabuhan di Tanjungpinang telah memasang thermal scanner atau pemindai suhu badan di Pelabuhan International Bandar Bintan Telani, Lagoi, Selasa (14/5) siang.

Pemasangan ini untuk mendeteksi masuknya penyakit menular cacar monyet alias monkeypok karena sudah ditemukan kasus tersebut di Singapura.

Loading...

“Kebetulan kami baru siap meeting dengan Karantina Kesehatan Kepelabuhan,” kata pegawai kesyahbandaran di Pelabuhan BBT Lagoi, Agus, Selasa (14/5) siang.

Dia membenarkan bahwa salah satu agenda yang dibahas terkait isu penyakit menular cacar monyet dan rencana pemasangan thermal scanner di pelabuhan international BBT Lagoi. Karena pelabuhan BBT Lagoi merupakan salah satu pintu masuk wisatawan dari Singapura ke Kabupaten Bintan.

Dia juga mengatakan, teknisi dari Karantina Kesehatan Kepelabuhan sudah memasang  pemindai suhu tubuh. Dan alat tersebut sudah bisa dioperasionalkan.

“Sudah terpasang,” kata dia.

Dengan terpasangnya pemindai suhu badan, maka setiap kedatangan kapal yang membawa wisatawan dari Singapura sudah bisa terdeteksi suhu tubuhnya.

Sementara itu Kadinkes Bintan Gama AF Isnaeni mengatakan, pihaknya sudah berkordinasi dengan Karantina Kesehatan Kepelabuhan untuk menscan wisatawan yang masuk dari berbagai pintu masuk ke Kabupaten Bintan.

Selain itu, dia juga berkoordinasi bila mana dideteksi ada penumpang yang memiliki suhu tubuh tinggi maka akan langsung ditangani secara intens.

“Rujukan ke RS Provinsi Batu 8 Tanjungpinang. Kita juga berkoordinasi dengan Dinkes Provonis dan RSUD Batu 8,” kata dia.

Selain itu, dia mengimbau agar masyarakat Bintan menunda bila mana mau berlibur ke Singapura karena di sana sudah ditemukan kasus cacar monyet. (met)

Loading...