Kabar Pemkab

Festival Lampu Cangkok Bintan Kembali Digelar

Bupati Bintan, Apri Sujadi pawai membawa lampu cangkok saat Festival Lampu Cangkok 2018 lalu. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Festival Lampu Cangkok Bintan akan kembali digelar Pemkab Bintan. Setiap kecamatan akan ikut memeriahkan festival ini selama bulan suci Ramadan 1440 H.

Rencananya akan dilaksanakan pada malam 25 Mei 2019 atau tepatnya 21 sampai 27 Ramadan 1440 H.

Kamis (16/5), dibahas persiapan festival lampu cangkok di Kantor Bupati Bintan di Bandar Seri Bentan, Bintan Buyu.

Kadiskominfo Bintan, Aupa Samake mengatakan, festival lampu cangkok sudah menjadi rutinitas tahunan yang digelar Pemkab Bintan. Tujuannya untuk melestarikan budaya tradisional Melayu sekaligus menyemarakkan bulan suci Ramadan di Kabupaten Bintan.

“Lomba lampu cangkok ini merupakan ide Pak Bupati yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya saat bulan Ramadan. Tahun ini, Insha Allah akan kembali dilaksanakan,”ujar Aupa Samake,  saat ditemui di Kantor Bupati Bintan, Kamis (16/5).

Dalam lomba ini nantinya akan dinilai dari beberapa aspek diantaranya gerbang lampu ditata bernuansa Islami, estetika / kemeriahan lampu cangkok, serta partisipasi masyarakat dalam ikut memeriahkan hal tersebut.

“Kegiatan ini sekaligus salah satu gelaran wisata religius yang mengandalkan kearifan lokal dan budaya Islami,” tutupnya. (met)