Metro Bintan

Tak Dibatasi, Warga Bisa Beli Paket Murah Bulog

Warga antre mendapatkan paket pasar murah dari Bulog, di Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Jumat (17/5). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Pasar murah digelar Bulog Subdivre Tanjungpinang di Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan pada Jumat (17/5) siang.

1 paket sembako murah yang dijual seharga Rp 72 ribu diantaranya 5 kilogram beras premium, 1 kilogram gula pasir dan 1 kilogram minyak goreng.

Pegawai Analisa dan Harga Pasar, Pengadaan dan Pelayanan Publik Bulog Subdivre Tanjungpinang, Hendra Gunafi mengatakan, pasar murah ini cukup diminati karena harga komoditi yang dijual di bawah harga pasar.

Dia menyebut, untuk beras premium biasanya dijual di pasaran seharga Rp 11 ribu hingga Rp 13 ribu per kilogram, sedangkan di bulog harga berkisar Rp 9.800 per kilogram.

Kemudian harga gula pasir di pasaran berkisar Rp 13 ribu per kilogram, sedangkan bulog menjual seharga Rp 12 ribu per kilogram.

Pasar murah ini kata dia, dilaksanakan sejak sebelum bulan suci Ramadan dan menjelang Lebaran. Tujuannya untuk menstabilkan harga selama bulan suci Ramadan dan menjelang Lebaran.

“Antisipasi dini terhadap lonjakan harga selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran,” kata dia.

Paket murah Bulog ini, kata dia, tidak membatasi pembeli yang ingin membeli paket murah sembako.

“Silakan masyarakat bisa membeli paket sembako murah, tanpa dibatasi,” kata dia.

Tidak khawatir kalau adanya spekulan atau pengusaha yang memborong paket murah ini? Dia mengatakan, tidak. Karena harganya tidak jauh beda sama dengan harga yang dikeluarkan distributor.

“Kalau sampai terjadi, menurut saya kurang menguntungkan juga bagi pengusaha, karena keuntungan relatif kecil,” kata dia.

Sementara Kades Teluk Sasah, Suhairry Sembiring mengatakan, masyarakat antusias adanya pasar murah dari bulog ini.

“Ya Alhamdulillah antusias masyarakat cukup tinggi,” kata dia. (met)