Metro Bintan

Pekan Ini, THR PNS dan Pensiunan Cair

batampos.co.id -Pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dipastikan tidak terlambat.

Kepala Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Bintan, Yandrisyah mengatakan, saat ini Peraturan Bupati (Perbup) sudah ada, namun menunggu ditandatangani oleh Bupati Bintan Apri Sujadi.

”Minggu depan (minggu ini) sudah bisa dibayar. Nunggu tanda tangan Pak Bupati saja. Perbupnya sudah siap,” kata mantan Kadis Perhubungan Bintan ini saat dihubungi, Jumat (17/5) lalu.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk pembayaran THR bagi PNS dan pensiunan.

Hanya dia tidak ingat besaran total jumlahnya. ”Banyaklah, puluhan miliar. Kalikan aja 3 ribu pegawai Bintan dan pensiunan juga,” kata dia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan Adi Prihantara mengatakan, pihaknya sudah mengalokasikan anggaran untuk THR atau disebut gaji ke-14 dan gaji ke-13.

ilustrasi

”Gaji ke-13 biasanya dicairkan bertepatan anak masuk sekolah, kalau THR ya gaji ke-14,” jelas dia.

Dirinya mengatakan, sebelumnya pihaknya menunggu revisi PP nompr 36 Tahun 2019 tentang THR dan tunjangan gaji ke-13. Karena sebelum direvisi, pencairan menggunakan dasar Peraturan Daerah (Perda). ”Kalau Perda tidak mungkin siap dalam 1 hari,” katanya.

Dengan adanya perubahan PP nomor 35 Tahun 2019 maka pencairan THR tidak perlu menunggu Perda melainkan cukup dengan Peraturan Kepala Daerah. Disinggung soal THR honorer? Ia mengatakan, tidak ada THR bagi honorer.

”Ya nanti masing-masing OPD yang memikirkan seperti apa untuk honorer,” kata dia.

Dia juga mengatakan, Bupati Bintan Apri Sujadi juga telah memikirkan bagaimana caranya menaikkan penghasilan honorer di lingkungan Pemkab Bintan.

”Pak Bupati tetap menekankan membantu honorer, karena mereka juga banyak yang sudah berkeluarga. Kita sedang menghitung formulasi menambah penghasilan mereka sesuai kemampuan daerah,” kata dia. (met)