Metro Bintan

34.898 Orang akan Menyeberang dari Pelabuhan ASDP Tanjunguban

Mulai H-7 hingga H+7 Lebaran

Kondisi kendaraan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban masih normal, Selasa (21/5) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Batam memprediksi lonjakan penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan selama H-7 sampai dengan H+ 7 mengalami kenaikan sekitar 5 persen.

Hal ini diungkapkan Supervisi PT ASDP Cabang Batam untuk Tanjunguban, Astuni saat ditemui di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Selasa (21/5) siang.

Dia mengatakan, pada tahun 2018, jumlah penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan ASDP Tanjunguban berkisar 33.235 orang, sedangkan pada tahun 2019 ini jumlah penumpang yang berangkat berkisar 34.898 orang.

Kendaraan roda dua yang menyeberang dari Pelabuhan ASDP Tanjunguban pada tahun 2018 berkisar 7.108 kendaraan. Diprediksi kendaraan yang akan menyeberang melalui Pelabuhan ASDP Tanjunguban berkisar 7.163 kendaraan.

Untuk kendaraan roda empat dan lebih,di tahun 2018 jumlah yang menyeberang berkisar 3.990 kendaraan. Sedangkan pada 2019 ini diprediksi mencapai 4.192 kendaraan.

Tahun ini, dia mengatakan, ada 4 armada yang akan melayani lintasan Tanjunguban ke Telagapunggur, Batam atau sebaliknya. Diantaranya KM Tandeman dan KM Jembatan Kapuas.

Saat ini, KM Tandeman telah selesai docking dan diprediksi pekan ini sudah di Tanjunguban.

“Informasi pimpinan bahwa besok akan tiba di Punggur, namun akan membantu melayani Punggur-Buton dulu. Diperkirakan Jumat atau Sabtu sudah di Tanjunguban,” kata dia.

Dia juga mengimbau kepada pengguna jasa untuk menyeberang di pagi atau siang hari. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Kita juga sudah mempersiapkan lintasan untuk pejalan kaki, sehingga pejalan kaki bisa nyaman tidak kepanasan,” tutup dia. (met)