Metro Bintan

Biar Enggak Repot, Ini Trik Mengemas Pakaian saat Mudik

MENYUSUN pakaian dalam koper saat mudik harus rapi. (Foto: ist)

batampos.co.id – Selamat menjalankan ibadah puasa warga Bintan dan sekitarnya. Tidak lama lagi bulan Ramadan akan berakhir. Idulfitri siap menyambut kemenangan kita dalam menjalankan ibadah puasa.

Pastinya, waga Bintan mudik dong. Nah, bagi yang hendak mudik alangkah baiknya untuk tidak sembarangan dalam mengemas pakaian dalam koper.

Apalagi jika menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kapal.

Supaya lebih gampang dan tidak ribet, berikut tips mengemas pakaian dalam koper yang akan dibawa mudik nanti.

1. PILIH PAKAIAN YANG DIBUTUHKAN SAJA
Ketimbang bingung mau bawa pakaian apa, diingat dulu pakaian yang kita miliki. Kalau rada-rada lupa, tidak ada salahnya kalau mengeluarkan semua pakaian di lemari. Lalu, silakan pilih yang akan dibawa. Meskipun agak ribet, tapi setidaknya kita tidak menyesal dalam membawa pakaian. Dan ingat, jangan bawa semua pakaian. Cukup bawa yang dibutuhkan saja.

2. GULUNG ATAU LIPAT PAKAIAN BIAR HEMAT TEMPAT
Pertama-tama, siapkan dulu koper atau tas yang akan dipakai untuk mudik. Perkirakan dulu kapasitasnya. Kalau mau menghindari bagasi berbayar, lebih baik koper atau tas kecil saja. Setelah itu mulai lipat atau gulung pakaian agar bisa muat lebih banyak. Pertama lipat pakaian secara memanjang, setelah itu gulung dengar erat. Jika takut gulungan terlepas, bisa mengikatnya dengan karet.

3. PAKAIAN TEBAL DI BAWAH, YANG TIPIS DI ATAS
Pakaian berbahan tebal seperti jaket, celana jeans, atau sweater lebih baik diletakkan di bagian bawah. Setelah itu, pada bagian atasnya pakaian yang berbahan tipis. Kalau takut kusut, boleh membungkus dulu menggunakan plastik.

4. PISAHKAN PERALATAN MANDI DAN KOSMETIK
Saat mudik, peralatan mandi dan kosmetik sangat dibutuhkan. Namun, kita tidak boleh sembarang letak. Letakkan di tempat yang kedap air. Tujuannya agar tidak mengotori pakaian. Boleh juga dibungkus plastik terlebih dahulu.

5. MANFAATKAN RUANG KOSONG YANG ADA
Jangan pernah menyia-nyiakan ruang dalam koper atau tas. Sebisa mungkin, kebutuhan kita terakomodir. Misalnya, bisa menambahkan pakaian dalam, kaos kaki, dan syal.

Nah, selamat mencoba. Semoga mudik tahun ini bermakna. Selamat berkumpul bersama keluarga. (gun)