Politik

Peserta Aksi 22 Mei Salat Berjemaah di Jalan MH Thamrin

PESERTA aksi menggelar salat Zuhur berjemaah di Jalan MH Thamrin. (Sabik Aji Taufan/ JawaPos.com)

batampos.co.id – Sempat memanas, unjuk rasa 22 Mei sementara adem. Peserta aksi mulai menghentikan orasi-orasinya. Mereka mulai menepi ke pinggiran Jalan MH Thamrin Jakarta.

Saat waktu salat Zuhur, salah satu massa mengumandangkan azan. Sejumlah massa aksi kemudian menggelar salat Zuhur berjemaah di Jalan MH Thamrin.

Terlihat masa menggunakan sajadah dan kertas lebar sebagai alat salat. Mereka menjalankan ibadah di bawah teriknya matahari. Terlihat pula massa mengambil air wudhu di depan Menara Cakrawala.

Pantauan di lokasi, ada ratusan massa yang melakukan salat berjemaah di Jalan MH Thamrin. Mereka didominasi dengan massa yang menggunakan pakaian koko putih.

Sementara itu, aparat keamanan yang bertugas juga terlihat turut menepi untuk beristirahat. Mereka mulai menurunkan kawat berduri yang digunakan untuk membuat benteng pertahanan.

Dalam aksi yang digelar sejak pagi tadi, terbilang berjalan cukup kondusif. Sempat terjadi lemparan batu dan botol air mineral namun tidak berlangsung lama. Massa kemudian menyampaikan orasinya dengan tertib.

Pekik takbir dan dan zikir juga turut dikumandangkan oleh massa. “Allahuakbar.. Allahuakbar… Allahuakbar… La illaha illallah.. La illaha illallah..,” teriak massa. (Bintang Pradewo/Sabik Aji Taufan/JawaPos.com/gun)