Politik

Ternyata, Ini Penyebab Medsos Sulit Diakses

Ilustrasi media sosial. (Gambar: JawaPos.com)

batampos.co.id – Rabu (22/5/2019), pengguna aplikasi messanger Whatsapp dibuat merana. Mereka ramai-ramai berkeluh kesah. Musababnya, pemerintah memblokir sebagian akses WhatsApp. Khususnya para pengguna Indosat.

Tak terkecuali ribuan masyarakat Bintan kena dampaknya. Mau mengirim gambar pun susah. Mau upload pending terus.
“Halo Indosat kenapa? Saya tidak bisa menggunakan WhatsApp. Facebook, dan Instagram juga,” kata salah seorang pengguna di Twitter.

Indosat pun mengakui ada masalah. “Hai kak, maaf sekali jaringan Indosat saat ini normal namun untuk akses aplikasi Whatsapp, Instagram, atau Facebook sedang down.

Silakan bisa cek update pada trending Twitter terbaru dan tunggu updatenya kak,” cuitan salah satu admin di @IndosatCare Menkopolhukam, Wiranto mengungkapkan, pembatasan aktivitas di medsos untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama peredaran info hoax.

“Sementara untuk hindari provokasi, kami melakukan pembatasan akses di media tertentu agar tidak diaktifkan. Akses medsos untuk jaga hal-hal negatif yang disebarkan masyarakat,” kata Wiranto di Jakarta, Rabu.

Pernyataan Wiranto sekaligus menjawab ribuan pertanyaan netizen terkait susahnya mengakses layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Sebelumnya, aplikasi sosial media Instagram dan WhatsApp dilaporkan mengalami down hingga tidak bisa diakses. Feed yang berada di Instagram tidak bisa refresh dan beberapa pengguna WhatsApp mengeluhkan tidak bisa mengirim foto hingga pesan.

Jumlah twit yang masuk lewat hashtag #instagramdown juga dilaporkan makin naik trafficnya hingga kini capai 16.800 twit lewat Twitter menggunakan hashtag serupa dan menjadi trending topic nomor 6 tertinggi di Indonesia. Itu artinya pengguna yang mengalami masalah makin banyak dan meningkat secara berkala di Indonesia.

“Eh ada yg kesusahan akses instagram kah? Apa lg down #instagramdown,” papar akun Twitter bermana @tinarga.
“Ketika #instagramDown, Twitter lah pilihan akhir,” ujar akun lain bernama @fr_arputra.

Aplikasi yang juga dimiliki Facebook, Whatsapp juga dilaporkan down oleh beberapa pengguna. “Iya tidak bisa pakai sejak satu jam yang lalu, tidak bisa kirim pesan dan foto, Instagram juga,” ujar salah satu penggunanya, Rafli Yuvindra, Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Sementara itu, Facebook mengalami masalah susah akses bila diakses lewat web, namun lancar jika menggunakan aplikasi di Handphone. Laporan yang masuk di Twitter kebanyakan berasal dari pengguna yang menggunakan bahasa Indonesia dan bisa dikatakan error ini masih dirasakan pengguna di negara asean seperti Indonesia dan Malaysia. (Elfran Vido/JawaPos.com/gun)