Politik

Kamis Pagi, Jenazah Ustaz Arifin Ilham Dibawa ke Tanah Air

Ustaz Arifin Ilham

batampos.co.id – Ustaz Arifin Ilham berpulang semalam. Setelah sempat kritis selama satu jam, Ustaz Arifin menghembuskan nafas terakhirnya pukul 23.40 waktu Penang, Malaysia. Ustaz Arifin telah dirawat selama satu bulan karena kanker getah bening.

Kabar itu dibenarkan oleh Kokom, adik Ustaz Arifin ketika dihubungi Jawa Pos tadi malam.  “Iya, Ustaz Arifin sudah gak ada,” ujarnya sambil terisak.

Sebelumnya, almarhum dinyatakan kritis dan dirawat di ICU. Putra Ustaz Arifin, Muhammad Alvin Faiz, juga membagikan kabar meninggalnya sang ayah di akun Instagram-nya. “Mohon doanya, info valid dari Alvin,” ungkap Aditya, manajer Alvin, melalui WhatsApp.

Ustaz Arifin Ilham sendiri sempat dikabarkan wafat Januari lalu. Namun, pihak keluarga menampik dan menyatakan Ustaz Arifin masih sadar. Hanya sulit berkomunikasi. Kondisi fisiknya juga menurun dan semakin kurus.

Sementara itu, Ustaz Yusuf Mansyur turut menyampaikan belasungkawa terkait kabar meninggal rekan sejawatnya itu. “Saya konfirmasi ke adiknya. Mohon doanya semoga husnul khatimah,” ungkapnya.

Semasa hidup, Ustaz Arifin adalah kiai yang supel di mata rekan-rekan dan jemaahnya. “Kiai senang silaturahmi. Senang ngumpulin orang. Senang berkumpul,” lanjut Ustaz Yusuf.

Jenazah Ustaz Arifin diterbangkan ke Indonesia pagi ini dari Penang. “Dari bandara, langsung dibawa ke Sentul,” jelas Kokom lebih lanjut.

Rencananya, jenazah pendiri Majelis Taklim Adz-Dzikra itu akan dimakamkan di Kecamatan Gunung Sindur, Bogor. (deb/han/jpg/gun)