Kabar Pemkab

Lonjakan Arus Mudik Bakal Terjadi di Uban dan Kijang

Bupati : Pelayanan Terfokus di Pelabuhan Bulang Linggi dan RoRo

Anak-anak menyalami Bupati Bintan, Apri Sujadi saat peringatan Nuzul Quran Tingkat Provinsi Kepri di Masjid Nurul Iman Kijang, Selasa (21/5) malam. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Lonjakan arus mudik diprediksi akan terjadi di
Tanjunguban dan Kijang. Yakni Pelabuhan Bulang Linggi dan Pelabuhan ASDP di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara dan Pelabuhan Sri Bayintan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur.

Untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan pemudik di Tanjunguban dan Kijang agar arus mudk Lebaran lancar, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan segera berkoordinasi dengan sejumlah instansi.

“Kita sudah minta Dishub Bintan untuk berkoordinasi bersama Pelni, KSOP dan instansi vertikal terkait lainnya dalam menghadapi kesiapan dan kelancaran arus ┬ámudik Lebaran,” kata Apri usai peringatan Nuzul Quran di Masjid Nurul Iman Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (21/5).

Di tiga pelabuhan itu, ia menyarankan dibangun posko.

Apri juga meminta, pelayanan terfokus di Pelabuhan Bulang Linggi dan Pelabuhan RoRo Tanjunguban. Sedangkan di Kecamatan Bintan Timur, Pelabuhan Sri Bay Intan juga menjadi perhatian.

“Tahun sebelumnya, arus mudik di Pelabuhan ASDP Tanjunguban dari Bintan ke Batam ataupun sebaliknya membludak,” ujarnya.

Oleh karena itu, perlu diantisipasi dini dalam kelancaran arus lalu lintas.

Kepala Dishub Bintan, Moch Insan Amin menuturkan dalam rangka mengantisipasi arus mudik lebaran, pihaknya terus berkoordinasi ke instansi-instansi lainnya.

Bahkan pemetaan dan persiapan kondisi arus transportasi jelang mudik lebaran terus dilakukan.

“Koordinasi terus kita lakukan, baik antarpemerintah daerah maupun instansi vertikal lainnya dalam persiapan arus mudik di Pelabuhan Bulang Linggi, Pelabuhan RoRo, dan Pelabuhan Sri
Bayintan Kijang,” katanya.

Selain itu, untuk transportasi laut ke Kecamatan Tambelan
pihaknya juga menyediakan sarana transportasi laut secara
gratis.

Selain kesiapan transportasi laut, mantan Kasatpol PP Bintan
ini juga mengimbau bagi pengguna jalan raya untuk dapat berhati-hati selama arus mudik.

“Saya mengimbau agar pengendara baik roda dua maupun roda empat dapat berhati-hati dan tidak kebut-kebutan selama berkendara khususnya di Jalur Lintas Barat,” tutupnya. (met)