Politik

Ombudsman: Gaya Orba Bikin Rakyat Takut

GAYA orba yang dipertontonkan para pembantu Jokowi dianggap sebagai salah satu pemicu kerusuhan di Jakarta, Rabu (22/5/2019). (Foto: Deny Ridwansyah/JawaPos.com)

batampos.co.id – Komisioner Ombudsman RI, Laode Ida angkat suara terkait kondisi bangsa. Menurutnya, suasana panas saat aksi 21-22 Mei 2019, juga dipicu pembantu Presiden Jokowi. Gaya mengancam ala orde baru (orba) jadi penyebabnya.

“Pak Jokowi, tolong jangan pakai Wiranto lagi. Gaya orba Wiranto justru akan menjatuhkan bapak,” kata Laode kepada JPNN, Kamis (23/5).

Menurutnya, Wiranto terus mengeluarkan pernyataan mengancam. Situasi yang sebenarnya tidak terlalu gawat, seolah-olah genting. Akibatnya, rakyat diperlakukan seperti penjahat.

“Apa yang dilakukan Wiranto berlebihan. Mereka salah menerjemahkan keinginan presiden untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan. Saran saya, dalam kabinet mendatang, jangan lagi dipakai orang-orang yang bergaya orba ini,” tuturnya.

Tak hanya itu, dia juga menyorot KPU. Katanya, KPU perlu disanksi karena telah secara vulgar mempertontonkan kebohongan dengan mengumumkan hasil pemilu mendahului jadwal semula.

“Kenapa sampai terjadi kerusuhan? Karena para elite politik terus memainkan perasaan rakyat. Berhentilah menebar ketakutan di rakyat. Ini zaman reformasi, gaya orba tidak usah dipertontonkan lagi,” tandasnya. (esy/jpnn/gun)