Metro Bintan

Kondisi Sudah Pulih, Warga Bintan Bisa ke Jakarta

KAWASAN Jalan MH Thamrin yang sebelumnya menjadi lokasi kerusuhan, sudah mulai lengang. (Foto: Dery Ridwansah/JPC)

batampos.co.id – Warga Bintan yang ingin bepergian ke Jakarta, saat ini kondisinya sudah membaik. Kerusuhan yang terjadi di ibu kota sudah berakhir. Barangkali ada warga Bintan yang mau belanja kebutuhan Lebaran di Pasar Tanah Abang, pasar itu sudah buka, Jumat (24/5) hari ini.

Sejak Kamis (23/5) kemarin sudah tidak ada lagi bentrok dan kerusuhan. Situasi Jakarta berangsur-angsur pulih.

Beberapa ruas jalan yang ditutup saat kerusuhan Selasa malam, sudah dibuka. Bahkan, Pasar Tanah Abang hari ini dipastikan beroperasi lagi. Itu disampaikan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin tadi malam. Keputusan itu diambil setelah dilakukan pertemuan dengan Polres Jakarta Pusat dan tokoh-tokoh masyarakat Tanah Abang.

Arief menuturkan, pihaknya beserta tokoh masyarakat tidak ingin isu kerawanan Tanah Abang berlanjut. Sebab, Tanah Abang merupakan pusat ekonomi terbesar di Asia Tenggara. “Pelanggan gak cuma datang dari Asia, tapi Eropa dan Afrika juga,” ucapnya.

Dijelaskan, setiap hari nilai transaksi di Pasar Tanah Abang lebih dari Rp 200 miliar. Perolehan itu bisa meningkat karena saat ini mendekati Lebaran. “Roda perekonomian di Tanah Abang harus tetap dipertahankan dan dijaga,” tegasnya.

Selasa lalu, kawasan Tanah Abang memang menjadi salah satu lokasi kerusuhan. Terjadi bentrok antara polisi dengan para pendemo. Puing sisa bentrokan bertebaran di sepanjang jalan.

Namun, kemarin jalanan sudah bersih. Tak ada lagi sampah, pagar ambruk, dan tong-tong berserakan di sekitar Tanah Abang. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) bahu membahu membersihkan kawasan tersebut.

Lalu-lalang kendaraan dan aktivitas warga mulai tampak meski belum seperti hari-hari sebelum kerusuhan. Aktivitas di Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) atau sky bridge juga mulai ramai. Rata-rata pedagang di jembatan penghubung dari Stasiun Tanah Abang ke Blok G itu sudah beraktivitas kembali.

Jalanan di kawasan MH Thamrin dan Wahid Hasyim yang berada di sekitar Kantor Bawaslu juga mulai bersih. Pukul 22.00 tadi malam, Jalan MH Thamrin arah Bundaran HI di depan kantor Bawaslu masih tampak lengang. Petugas juga masih terus mengamankan kawasan di sekitar Bawaslu meski tidak lagi terlihat massa. (abs/dom/oni/jpg/gun)