Politik

KPU Siap Ladeni Gugatan BPN Prabowo-Sandi

SUASANA rapat rekapitulasi KPU RI beberapa waktu lalu. (Foto: Ricardo/JPNN.com)

batampos.co.id – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengajukan gugatan sengketa perselisihan hasil pemilihan umum ke Mahkamah Konstitusi (MK). Mereka tidak puas terhadap hasil pemilihan presiden (pilpres).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Viryan Aziz mengatakan, pihaknya siap menghadapi gugatan yang diajulan oleh pasangan penantang tersebut. KPU juga menghormati BPN yang menolak hasil rekapitulasi.

“Karena penyelesaian terhadap berbagai dugaan kecurangan dan segala macem, melalui mekanisme hukum berlaku. Sekali lagi KPU menghormati dan mengapresiasi sikap yang ditempuh oleh peserta pemilu,” katanya.

Viryan mengatakan, KPU juga mempersiapkan diri dengan membentuk tim hukum, guna menghadapi sengketa di MK.

‎”Harus siap dong, KPU harus menyajikan data-datanya berdasarkan apa yang sudah dikerjakan oleh jajaran KPU sampai dini hari tadi,” katanya.

Viryan mengatakan KPU juga akan membawa semua data-data untuk menghadapi sengketa Pemilu di MK.‎ Misalnya dari formulir C sampai formulir D, DA, DB, dan DC.

“Semuanya itu kan disiapkan. Jadi, KPU mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi gugatan dengan data dan dengan tim yang sudah dibentuk,” pungkasnya. (jpc/gun)