Metro Bintan

Pemda Dilarang Abaikan Persiapan Lebaran

BUPATI Bintan, Apri Sujadi bersama stake holders di Bintan terus mempersiapkan pelayanan jelang Lebaran di daerahnya. (Foto: Dok Diskominfo)

batampos.co.id – Pemkab Bintan bersama pemerintah daerah (pemda) lainnya di Indonesia diwajibkan untuk memperhatikan kesiapan jelang Lebaran. Berbagai dinamika politik pascarekapitulasi hasil pemilu diharapkan tidak mengganggu kinerja.

Mendagri Tjahjo Kumolo meminta Bupati Bintan Apri Sujadi dan seluruh kepala daerah lainnya di Indonesia agar lebih aktif mengoordinasikan Posko Terpadu Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Pasalnya, persiapan momen mudik dan Lebaran bukan hanya menjadi tanggung jawab pusat, melainkan juga pemda, termasuk Pemkab Bintan.

“Kepala daerah harus aktif melaporkan dan mengorganisasikan posko terpadu hari raya, agar seluruh persiapan hari raya di daerah terpantau dengan baik,” kata Tjahjo di Jakarta, kemarin (23/5).

Posko Terpadu Hari Raya Idulditri ini ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri Nomor 300/3817/SJ tanggal 14 Mei 2019. Fungsi posko itu untuk memantau dan melaporkan persiapan seluruh kebutuhan pelaksanaan hari lebaran yang terjadi diganti daerah.

Selain itu, pemda juga harus tetap fokus memenuhi pelayanan masyarakat jelang Lebaran. Dia meminta dinamika pasca-Pemilu Serentak 2019 tidak boleh mengganggu kinerja pelayanan.

“Sekarang pemda waktunya untuk tetap fokus pada peningkatan pelayanan untuk masyarakat, kita tahu sebentar lagi memasuki Idulfitri,” imbuhnya.

Lebih lanjut lagi, kepala daerah perlu memastikan ketenteraman, keamanan, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat serta kebutuhan masyarakat lainnya terpenuhi. (far/jpg/gun)