Nasional

Bandara dan Pelabuhan Mulai Dipadati Pemudik

BANDARA Hang Nadim mulai dipadati oleh pemudik. (Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos)

batampos.co.id – Memasuki H-10 Idulfitri 1440 Hijriah, pemudik mulai meninggalkan Batam. Beberapa pintu-pintu keluar, dipadati pemudik seperti Bandara Internasional Hang Nadim dan Pelabuhan ASDP Telagapunggur.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso mengatakan, di tengah masih banyaknya pembatalan penerbangan, penumpang yang berangkat melalui Hang Nadim mulai meningkat.

“Beberapa waktu lalu penumpang berangkat angkanya di bawah 6 ribu orang. Tapi kemarin, sudah di atas 6 ribu orang,” katanya, Sabtu (25/5).

Dia mengatakan, dari 6 ribu lebih yang berangkat keluar Batam, hanya beberapa persen saja pemudiknya. Diprediksi, jumlah pemudik akan terus bertambah hingga jelang Lebaran.

“Peningkatan penumpang mulai terlihat, walau tak terlalu signifikan,” ungkapnya.

Turunnya harga tiket pesawat, menurut Suwarso, sedikit meningkatkan animo masyarakat. “Turunnya itu mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu. Sudah mulai tampak sedikit perubahan, animo masyarakat mulai naik,” tuturnya.

Agar tidak ada “permainan” tiket, Suwarso mengaku sudah mengantisipasi hal ini. Salah satunya bekerja sama dengan kepolisian.

“Kami sudah koordinasi, hingga kini belum ada laporan,” tuturnya.

Sementara di Pelabuhan ASDP Telagapunggur, dipadati kendaraan yang akan bertolak menuju Mengkapan, Buton, Riau. Puluhan kendaraan bejejer rapi di pelataran parkir Pelabuhan ASDP Telagapunggur.

Tak jauh dari pelataran parkir, gerbang masuk pelabuhan, terlihat banyak masyarakat yang mengerumuni papan pengumuman, yang berisikan jadwal keberangkatan tiap kendaraan yang sudah terdaftar dan memesan tiket tujuan ke Mengkapan dan Kualatungkal.

Salah seorang calon penumpang, Rosyid mengaku berangkat Senin (27/5). “Berangkat Senin depan, diperkirakan sampai Medan Selasa atau Rabu pagi,” ucapnya.

 

Reporter: Fiska Juanda, Yulitavia