Pariwisata

Cobain Deh, Wisata Alam di Kabupaten Bintan Bisa Bikin Baper

KABUPATEN Bintan selalu menghadikan beragam destinasi wisata yang menggoda. (Foto: Yusnadi/Batam Pos)

 

 

batampos.co.id – Kabupaten Bintan terus menawarkan beragam destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Tak sekadar wisata golf, serta hotel dan resor saja. Destinasi wisata alam di kabupaten ini benar-benar bisa bikin baper.

Baca juga: Rekomendasi Hotel dan Resort di Bintan

Daerah wisata yang berada di Provinsi Kepulauan Riau ini menawarkan beragam destinasi wisata alam indah. Mulai dari pantai cantik, hutan yang asri, hingga gunung memesona. Semuanya dapat dikunjungi di Bintan.

Baca juga: Informasi Homestay bagi yang Ingin Menginap di Bintan

Dikulik dari situs resmi Dinas Pariwisata Bintan, berikut destinasi wisata alam yang jadi rujukan untuk dikunjungi wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara. (gun)

 

 

SebelumnyaBerikutnya
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

11 DANAU BIRU

Danau Biru merupakan sebuah danau indah yang terbentuk karena bekas galian tambang pasir. Danau ini cukup dalam, sehingga menyebabkan warnanya menjadi biru karena di dasarnya terdapat-tanah liat.

Karena warnanya yang cantik, dan dihiasi oleh bukit-bukit pasir putih, sehingga menjadikan tempat ini spot favorit wisatawan untuk berfoto.

Lokasi danau ini terletak di Jalan Korindo Galang Batang, sekira 45 menit dengan berkendara dari arah Tanjungpinang. Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pada siang hari. Karena teriknya matahari menambah keindahan danau tersebut. (***)

Baca juga: Daftar Agen Perjalanan yang Siap Antar Anda Mengelilingi Bintan

 

1. DANAU BIRU
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

22 PANTAI TRIKORA

Sebuah pantai yang sangat terkenal di bagian timur Bintan. Setiap akhir pekan, pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini terbagi atas empat bagian, yaitu Pantai Trikora 1, 2, 3, dan 4.

Pantai Trikora menjadi objek wisata dengan airnya yang jernih dan dangkal, serta dilengkapi fasilitas penunjang lainnya. Pantai Trikora dibagi menjadi kawasan resor dan kawasan umum.

Untuk memasuki kawasan resor, anda harus check-in terlebih dahulu di resor-resor mewah yang terdapat di Trikora. Sedangkan untuk kawasan umum, anda hanya harus menyewa pondok-pondok kayu yang cukup untuk satu keluarga.

Penyewaan pelampung, alat pancing, dan alat snorkeling juga tersedia di pantai ini. Beberapa hotel di sana juga menyediakan paket tur menelusuri pulau tak berpenghuni, menyelam, dan permainan pantai seperti banana boat, kano, bermain layang-layang, dan masih banyak lagi.

Di garis pantai yang memiliki panjang kurang lebih 25 kilometer ini tumbuh pepohonan yang bisa menjadi tempat untuk berteduh menikmati ombak. Seperti pohon kelapa, pohon bakau, pohon cemara, serta pohon lain yang dapat melindungi diri dari sengatan sinar matahari.

Apalagi batu-batunya yang besar semakin menambah keindahan pantai ini.Wisata kuliner khas yang dapat dinikmati di sekitar pantai ini berupa otak otak, makanan seafood, hingga tapai. (***)

 

2. PANTAI TRIKORA
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

33 HUTAN MANGROVE

Kawasan Hutan Mangrove merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh wisatawan asing. Sebagai salah satu ekowisata tour, Hutan Mangrove menyajikan potret keindahan alam yang tidak biasa.

Dengan menyusuri sungai, wisatawan akan diajak untuk melihat keanekaragaman hayati yang tersimpan di dalamnya. Berbagai jenis burung, ular, monyet, kadal, biawak sering dijumpai di destinasi ini.

Suasana pada malam hari tak kalah cantiknya karena dihiasi oleh cahaya kunang-kunang yang sangat menarik. Hal itu membuat pohon bakau terlihat seperti Christmas Tree.

Bagi wisatawan yang datang dari Tanjungpinang, lokasi ini dapat ditempuh dalam waktu sekira satu jam dengan kendaraan bermotor. Dan jika dari arah Tanjunguban sekira setengah jam saja.

Untuk fasilitas akomodasi tidak perlu khawatir. Karena tak jauh dari lokasi terdapat beberapa hotel yang sangat terjamin kualitas pelayanannya, begitupun dengan restorannya. (***)

 

 

3. HUTAN MANGROVE
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

44 PULAU BERALAS PASIR

White Sand Island adalah sebuah pulau kecil nan eksotis tak berpenghuni. Pulau ini dikelola sebagai destinasi wisata bahari yang banyak diminati oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini, antara lain berenang, snorkeling, memancing, dan sunbathing.

Pulau ini dianugerahi pasir putih yang halus, air laut yang jernih, dan pepohonan yang rindang di sekitarnya. Lokasi yang sangat cantik untuk dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga maupun kerabat.

Untuk mencapai pulau ini kita harus menempuh waktu sekira 15 menit dengan menggunakan boat yang disediakan oleh beberapa penyedia jasa tur. (***)

 

 

4. PULAU BERALAS PASIR
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

55 PULAU BERALAS BAKAU

Pulau Beralas Bakau terletak di sebelah Pulau Beralas. Bahkan apabila air laut surut bisa menyeberang dengan berjalan kaki saja. Pulau tak berpenghuni yang dikelilingi rimbunnya pepohonan bakau menjadi lokasi yang cocok untuk melakukan ekowisata tur.

Wisatawan sering berkunjung ke pulau ini untuk menikmati keunikan pohon bakau beserta pohon mentigi yang terdapat di bibir pantainya. Terdapat ribuan ekor kelelawar yang tidak terjamah oleh masyarakat, bersarang di pulau ini juga.

Aksesibilitas untuk ke Pulau Beralas Bakau sama seperti Pulau Beralas Pasir. Wisatawan dapat menggunakan penyedia jasa tur yang ada di Pantai Trikora. Diperlukan waktu sekira 15 menit untuk sampai ke pulaunya, dan tur biasanya dilakukan sekira 1,5 jam. (***)

 

5. PULAU BERALAS BAKAU
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

66 PANTAI LAGOI BAY

Ini merupakan pengembangan tahap ke dua dari kawasan wisata terpadu Lagoi yang baru diresmikan pada Mei 2015 lalu. Pantai dengan hamparan pasir pantai yang landai dan luas ini berada di Plaza Lagoi.

Terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan di sana seperti menikmati pemadangan laut yang mengarah ke Laut China Selatan atau juga yang senang dengan kegiatan olahraga laut dari yang ringan hingga ekstrem, juga tersedia di Pantai Lagoi Bay seperti penyewaan jetski, banana boat, dan lainnya.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini dapat dtempuh melalui perjalanan sekira satu jam dari arah Tanjungpinang dan setengah jam dari Pelabuhan Tanjunguban. (***)

Baca juga: Padang Golf Terkeren di Bintan

 

6. PANTAI LAGOI BAY
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

77 PANTAI SAKERA

Pantai Sakera sering dijadikan sebagai tempat wisata untuk berkumpul bersama keluarga sambil menikmati suasana laut yang indah. Dikarenakan pantai ini terletak di bagian barat Kabupaten Bintan, sehingga menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang mencari momen sunset atau terbenamya matahari.

Kawasan ini juga memberikan kekhasan sendiri, di mana biasanya para wisatawan mencari kerang maupun kepiting yang dapat mereka masak langsung, lalu dihidangkan oleh penduduk setempat. (***)

Baca juga: Tempat-tempat Wisata Kuliner di Bintan yang Bikin Ngiler

 

7. PANTAI SAKERA
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

88 GUNUNG BINTAN

Gunung Bintan adalah puncak tertinggi di Pulau Bintan. Gunung yang dihiasi dengan rimbunan pepohonan, menjadi objek wisata yang banyak diminati oleh para pendaki gunung. Hanya dengan berjalan kaki sekira dua jam, pendaki sudah bisa mencapai puncak gunung tersebut. Tak jauh dari puncak gunung, terdapat lokasi untuk perkemahan.

Waktu yang paling baik untuk berkunjung ke tempat ini, yaitu pada musim durian. Karena di sekitar gunung tersebut banyak terdapat pohon durian, sehingga wisatawan dapat menikmatinya setelah mendaki.

Untuk mencapai kawasan wisata Gunung Bintan, dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekira satu jam dari arah Kota Tanjungpinang dan setengah jam dari arah Tanjunguban. (***)

 

8. GUNUNG BINTAN
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

99 AIR TERJUN BINTAN

Sebuah air terjun yang letaknya di kawasan kaki Gunung Bintan lokasi wisata yang tidak asing lagi didengar.Kejernihan dan kesegaran airnya menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.Untuk menuju ke kawasan Air Terjun ini wisatawan harus menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak dengan ketinggian sekitar 300 meter dari lokasi parkir kendaraan dan berjalan kaki selama 10 – 15 menit.

Pada saat musim durian, kawasan wisata Air Terjun Gunung Bintan menjadi favorit wisatawan penggemar buah durian ini.Selain karena harganya murah, juga menikmati makan buah durian dengan suasana alam yang asri menjadi sensasi yang luar biasa.

Untuk menuju ke lokasi ini wisatawan dapat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Rute yang dilalui dari Kota Tanjung Pinang menuju ke kawasan Gunung Bintan sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh selama satu jam. Jika ingin menikmati suasana alam Kawasan Wisata ini lebih lama, tersedia penginapan dengan harga yang terjangkau dekat dari lokasi wisata tersebut.Aktivitas yang dapat dilakukan yaitu berenang dan relaksasi bersama keluarga. (***)

 

 

9. AIR TERJUN BINTAN
Foto: Dinas Pariwisata Bintan

1010 DUGONG BEACH

Dugong Beach terletak di kawasan Pantai Trikora 3. Lokasi yang dikelola oleh Pemkab Bintan ini telah dilengkapi dengan beberapa sarana pendukung seperti musala, sarana air bersih, toilet, kamar bilas, dan beberapa pondok peristirahatan. Objek wisata Dugong Beach paling ramai dikunjungi akhir pekan, dengan menempuh jarak sekitar 52 kilometer dari Tanjungpinang atau 60 kilometer dari arah Tanjunguban.

Perjalanan yang sangat berharga untuk menikmati keindahan pantai yang eksotis dan sajian kuliner yang lezat. (***)

10. DUGONG BEACH
SebelumnyaBerikutnya