Metro Bintan

Bawaslu Bintan Paparkan Pelanggaran Pemilu 2019

Ada Dua Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata memaparkan pelanggaran Pemilu 2019 yang terjadi di Kabupaten Bintan saat media gathering bersama awak media di Tanjungpinang, Rabu (29/5) malam. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Bawaslu Bintan memaparkan pelanggaran yang ditangani selama penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Bintan.

Ketua Bawaslu Bintan, Febriadinata mengatakan, sepanjang penyelenggaraan Pemilu 2019, pihaknya menemukan 5 pelanggaran.

“3 dilaporkan, sedangkan 2 temuan dugaan pelanggaran pemilu,” kata dia didampingi komisioner Bawaslu Bintan, Ondi dan Dumoranto Situmorang di acara media gathering bersama awak media di Cafe Red and Blue, Batu 8 Atas Tanjungpinang, Rabu (29/5) menjelang berbuka bersama.

Dijelaskannya, temuan pelanggaran diantaranya terkait netralitas ASN yang dilakukan oknum kepala dinas. Dimana, pihaknya sudah melayangkan surat rekomendasi ke instansi terkait.

Selain itu, pelanggaran netralitas ASN yang dilakukan oknum guru di Toapaya juga sudah ditindaklanjuti ke Bupati Bintan.

Kemudian, masih katanya, dugaan tindak pidana pelanggaran pemilu. Dimana, dilaporkan salah satu caleg atas hilangnga C1 TPS 12 Sei Lekop dan dugaan berubahnya C1 Hologram.

“Sudah 18 orang saksi diperiksa, dimana 1 orang saksi ialah saksi ahli. Kalau kasus ini yang dilaporkan PPK Bintan Timur dan saksi partai Golkar di kecamatan,” jelasnya.

Acara tersebut kemudian dilanjutkan diskusi dan buka puasa bersama. (met)