Pariwisata

Libur Lebaran, Nikmati Adventure di Ekowisata Tosela

Kadis PMD Bintan, Roni Kartika mencoba race ATV di wisata adventure di lokasi ekowisata Toapaya Selatan (Tosela), Bintan. F.Dinas PMD Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Tak perlu bingung untuk mencari tempat hiburan dan rekreasi, saat lebaran Idul Fitri 1440 hijriah ini.

Setelah bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga, Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati wisata adventure (petualangan) di lokasi ekowisata Toapaya Selatan (Tosela).

Ekowisata Tosela ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan.

Area seluas lebih kurang 9 hektare ini ditata untuk area rekreasi race ATV, sepeda gunung dan olahraga panah.

Lokasi tersebut berada di dalam perkebunan durian, mangga dan sejumlah jenis tanaman buah-buahan lainnya.

Bahkan, di lokasi ini pula, pengelola ekowisata Tosela menyediakan paket wisata mangrove sepanjang 10 kilometer, dengan durasi waktu 1 jam 30 menit.

“Akan menyenangkan bagi yang ingin berkunjung pada saat lebaran Idul Fitri, pekan depan. Lebaran kedua, atau Kamis 6 Juni itu, kami sudah buka bagi pengunjung,” kata Kades Toapaya Selatan, Suhenda selaku penanggung jawab ekowisata Tosela Bintan, Sabtu (1/6).

Untuk tarif fasilitas yang dinikmati pengunjung di area ekowisata Tosela ini, sebut Suhenda, pihaknya sudah memberikan paket khusus.

Dengan bermain 30 menit, pengunjung sudah bisa menikmati balapan sepeda gunung, race ATV dan memanah. Tarif paket khusus ini sebesar Rp55 ribu per orang, per 30 menit. Itu sudah termasuk bonus air mineral. Kalau hanya sepeda gunung, tarifnya Rp20 ribu per jam, plus air mineral. Sedangkan panahan, Rp15 ribu per 6 busur.

Fasilitas lainnya, di area ekowisata Tosela juga menyediakan gazebo, etalase, dan pokcai serta adventure bersama ATV.

“Sewa gazebo Rp 20 ribu per sekali pakai, kalau etalase Rp 10 ribu. Kalau pokcai untuk tour wisata mangrove Rp 50 ribu per orang, sudah disediakan makanan ringan,” sebut Suhenda.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menuturkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerja keras pemerintah desa bagi menciptakan peluang usaha sekaligus sarana rekreasi bagi masyarakat khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Ia juga mengajak bagi masyarakat untuk mencoba sarana rekreasi yang terbilang menjadi tantangan baru khususnya di Bintan.

“Ini menjadi peluang usaha bagi desa, sekaligus menjadi sarana rekreasi baru dan menantang. Kerja keras pemerintah desa tentunya sangat kita apresiasi. Apalagi sebentar lagi akan memasuki musim libur pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H,” tutupnya. (met)