Metro Bintan

Pilkada Bintan, Siapa Berani Lawan Apri

BUPATI Bintan, Apri Sujadi digadang-gadang maju kembali pada Pilkada Bintan. (Foto: Dok)

batampos.co.id – Partai Demokrat menjadi pemenang pada pemilihan umum (pemilu) di Kabupaten Bintan. Partai berlambang segitiga mercy itu meraih delapan dari 25 kursi di parlemen berdasarkan hasil rekapitulasi KPU. Bagi Apri Sujadi, ini adalah modal bagus. Pasalnya, Demokrat bisa mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi.

Apakah Apri kembali berpasangan dengan Dalmasri Syam atau mencari pasangan lain, ketua Demokrat Kepri itu tidak perlu waswas. Jika mengacu syarat 20 persen, praktis Demokrat sudah memenuhi. Tinggal mencari partai politik (parpol) pendamping.

Di bawah Demokrat, ada Golkar dengan enam kursi. Kemudian Nasdem menempatkan empat kadernya. Kursi pimpinan praktis dipegang Demokrat, Golkar, dan Nasdem. Sementara, PKS meraih tiga kursi, PDIP dua kursi, serta PAN dan Hanura dengan masing-masing satu kursi.

Hanya saja, kursi PKS dengan PDIP masih jadi polemik. Pasalnya PDIP membawa perkara pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK). Itu buntut hilangnya C1 Plano di TPS 12 Sei Lekop, Bintan Timur.

Usai Lebaran, tahapan kenduri demokrasi terakbar di Bintan akan dimulai. Apri digadang-gadang akan kembali maju pada pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah wisata internasional itu.

Wakil ketua Demokrat Bintan, Daeng M Yater mengatakan, sudah hampir dipastikan Demokrat akan mengusug Apri kembali. “”Hampir dipastikan 100 persen Demokrat kembali mendukung dan memajukan Apri Sujadi dalam bursa calon bupati Bintan,” kata Daeng.

Namun, peta bisa saja berubah jika Apri memilih maju dalam kontestasi pemilihan gubernur (pilgub). Jika terjadi, di pilgub Apri akan mendapat saingan berat. Sederet nama beken digadang-gadang akan menantang sang petahana, Nurdin Basirun. Sebut saja seperti Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, anggota DPR RI Asman Abnur, mantan kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, hingga ketua PDIP Kepri Soerya Respationo.

Menarik ditunggu. Yang pasti tahun politik kembali berlanjut ke tingkat daerah lewat hajatan pilkada serentak 2020. (***)

 

Reporter: Slamet Nofasusanto/Batam Pos

 

 

PEROLEHAN KURSI PARPOL
KABUPATEN BINTAN

Demokrat: 8 Kursi
Golkar: 6 Kursi
Nasdem: 4 Kursi
PKS: 3 Kursi
PDIP: 2 Kursi*
PAN: 1 Kursi
Hanura: 1 Kursi

TOTAL : 25 Kursi

*) PDIP masih membawa perkara pemilu ke MK.