Metro Bintan

Ingin Mudik ke Batam Lewat Bintan…?

Inilah Jalurnya yang Dirilis Polres Bintan

Pemudik di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, masih sepi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Satlantas Polres Bintan merilis video jalur mudik di Kabupaten Bintan.

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Cut Putri Amelia Sari mengatakan, video yang dirilis bertujuan untuk membantu masyarakat dari arah Tanjungpinang atau Kijang yang ingin mudik ke Batam supaya tidak tersesat.

Dalam video berdurasi 4 menit 9 detik itu, dijelaskan jalur mudik bagi masyarakat yang datang dari arah Tanjungpinang hendak menuju Pelabuhan ASDP Tanjunguban atau Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban.

Untuk ke pelabuhan tersebut, pemudik yang datang dari Tanjungpinang bisa melalui jalan raya Lintas Barat.

Kemudian menuju ke jalan raya Permaisuri. Jika ingin menyeberang ke Batam dengan kendaraan maka melalui Pelabuhan ASDP Tanjunguban. Dimana, pemudik bisa melalui jalan Yos Sudarso Tanjunguban.

“Dari jalan Yos Sudarso belok ke kiri, sampailah di Pelabuhan ASDP Tanjunguban,” katanya.

Dia memprediksi, masyatakat yang membawa kendaraan akan terus meningkat, terlebih saat arus balik. Oleh karena itu, pihak ASDP dan Polres Bintan sudah mengantisipasi dengan menyediakan kantong-kantong parkir.

“Di Pelabuhan ASDP sudah disediakan kantong parkir. Area Gedung Nasional juga difungsikan sebagai area parkir tambahan. Ini dilakukan untuk mencegah kemacetan,” kata dia.

Sedangkan bagi pemudik yang ingin ke Batam dengan menggunakan jasa speedboat maka bisa ke Pelabuhan Bulang Linggi di Jalan Raya RE Martadinata.

“Di sini juga disediakan kantong parkir di depan pelabuhan,” katanya.

Tak hanya itu, pihak kepolisian juga menyediakan area istirahat bagi masyarakat yakni di Pos Pelabuhan Bulang Linggi dan Pos Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Apabila merasa letih, sebaiknya jangan dipaksakan untuk melanjutkan perjalanan. Silakan manfaat fasilitas istirahat sejenak di Pos Bulang Linggi dan Pos ASDP,” tutupnya. (met)