Metro Bintan

Bongkar Muat di Pelabuhan ASDP Punggur, Antre Lama

Warga Berharap Tambah Dermaga

Jalur kendaraan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban masih sepi kendaraan, Senin (3/6). F.Slamet Nofasusanto/Batam Pos

batampos.co.id – Sejumlah warga Bintan yang menggunakan jasa kapal RoRo mulai mengeluhkan antrean bongkar muat baik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan ASDP Telagapunggur, Batam.

Terkadang mereka terpaksa menunggu berjam-jam di atas kapal sampai proses bongkar muat penumpang dan kendaraan dari kapal lainnya di Pelabuhan ASDP Telagapunggur selesai.

Surya, warga Tanjunguban mengeluhkan akhir-akhir ini naik kapal roro menjadi lama karena setibanya mereka di perairan Telagapunggur Batam, kapal yang dia naiki tidak langsung sandar di dermaga, melainkan harus menunggu antrean kapal lainnya yang bongkar muat penumpang dan kendaraan di dermaga pelabuhan ASDP Telagapunggur Batam.

“Iya sekarang lama, bisa berjam-jam di atas kapal menunggu antrean dermaga,” kata dia.

Dia berharap, pihak ASDP Tanjunguban tidak saja menambah lintasan atau kapal, namun bagaimana dipikirkan menambah dermaga.

“Kalau dermaganya cuma 1, sementara lintasan kapal yang mau menyandar banyak, ya kasihan penumpang,” katanya.

Sebelumnya PT ASDP Cabang Batam memang berniat menambah dermaga baik di Pelabuhan ASDP Telagapunggur Batam dan Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan.

Hal ini pernah diutarakan GM PT ASDP Cabang Batam sebelumnya, Anis Adinizam saat HUT ke 45 ASDP yang dilaksanakan di Tanjunguban, Bintan, April 2018.

Dia menyebutkan saat itu, DED nya sudah 80 persen dan sudah memasuki tahap lelang. Dimana, alokasi anggaran untuk pembangunan dua dermaga sekitar Rp 24 miliar. (met)