Pariwisata

Sunset Swim Classic Diikuti 61 Peserta Mancanegara

Awali Keseruan Bintan Triathlon 2019

Para peserta mengawali keseruan Bintan Triathlon 2019 dengan mengikuti kategori Sunset Swin Classic di Pantai Bintan Lagoon Resort (BLR), Lagoi, Jumat (7/6) sore. F.Disparbud Bintan untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Event Bintan Triathlon dibuka dengan kategori Sunset Swim Classic di pantai Bintan Lagoon Resort (BLR), Jumat (7/6) sore.

Sedangkan event utama Bintan Triahlon 2019 sendiri baru digelar Sabtu (8/6).

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, Sunset Swim Classic ialah lomba renang di laut dengan jarak tempuh sekitar 1.000 meter.

Menariknya, meskipun harus berlomba menjadi peserta yang tercepat, namun seluruh peserta sangat menikmatinya.

“Senyuman para peserta menghiasi saat mereka menginjak finish,” kata dia.

Dia menyebut, sebanyak 61 peserta dari berbagai negara diantaranya Singapura, Malaysia, dan sejumlah negara Eropa mengikuti Sunset Swim Classic.

Event ini juga, sambungnya memperlombakan berbagai kategori berdasarkan usia mulai dari usia 12 tahun hingga 41 tahun. Ada juga Sunset Swim Classic khusus peserta Indonesia.

Sementara, Ketua Tim Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, menjelaskan jika Sunset Swim Classic adalah event pendukung Bintan Triathlon.

“Tidak semua wisatawan yang datang ikut Bintan Triathlon. Sebagian dari mereka datang untuk mengikuti Sunset Swim Classic. Lomba ini konsepnya untuk keluarga. Oleh karena itu pesertanya dari berbagai usia. Ada yang tua, ada juga yang anak-anak. Laki laki dan perempuan terlibat,” tutur Esthy yang juga Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenpar.

Dijelaskannya, event ini lebih dari sekadar menang atau kalah. Karena, seluruh peserta yang menginjak finis mendapatkan medali.

Dijelaskan Esthy, event ini lebih kepada mengenalkan keindahan pantai Binta ke wisatawan. Pantai yang tentunya sangat bersih.

Sedangkan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Dessy Ruhati menjelaskan, hanya Sunset Swim Classic yang digelar. Ada Beach Soccer Kids. Namun, konsep kegiatan ini bukanlah kompetisi.

“Jadi anak-anak diajak untuk bermain bola bersama-sama. Kita mengajak mereka gembira. Agar anak-anak yang hadir tidak bosan selama orang tuanya berlomba. Tidak ada aturan resmi. Kita hanya ingin menghadirkan keceriaan untuk anak-anak,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan apresiasinya untuk perhelatan Bintan Triathlon 2019. Apalagi keseruan sudah hadir meski event utama belum berlangsung.

“Bintan tau bagaimana menggelar sport tourism untuk memanjakan wisatawan. Bintan Triathlon ini menjadi contohnya. Sebab, tidak hanya melibatkan atlet. Keluarga atlet pun bisa merasakan atmosfer yang sama,” katanya. (met)