Metro Bintan

Pelabuhan Masih Ramai Penumpang

PELABUHAN Sekupang jadi salah satu pintu keluar-masuk Kepri saat Lebaran. (Foto: Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.co.id – Hari kedua perayaan Idulfitri, suasana di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) masih ramai warga yang hendak meninggalkan Batam.

Kepala Pos Syahbandar PDS, Parsaoran Samosir mengatakan meskipun arus mudik sudah usai beberapa hari lalu, masih banyak warga yang berencana meninggalkan Batam, Kamis (6/6).

“Iya masih ramai tapi tidak seperti sebelum mudik. Kalau mudik itu yang berangkat mencapai enam ribu lebih. Hari ini (kemarin, Red.) sepertinya setengahnya atau tiga ribu orang yang berangkat,” kata dia.

Parsaoran menjelaskan, untuk penumpang yang berangkat pasca-arus mudik, kebanyakan mereka yang akan bersilaturahmi dengan sanak-saudara di pulau terdekat.

“Mungkin mereka Lebaran pertama di Batam, dan selanjutnya di tempat saudara seperti Tanjungbatu, Tanjungbalai dan antar pulau lainnya,” ujarnya.

Dia memprediksi arus keberangkatan dan kedatangan masih ramai. Untuk itu pihaknya tetap memastikan keberangkatan lancar. Seperti cuaca yang aman untuk berlayar agar penumpang aman tiba di tempat tujuan.

“Kalau memang cuaca tidak bagus dan itu memengaruhi jarak pandang, maka harus ditunda demi keselamatan penumpang,” terangnya.

Dia menjelaskan, seperti biasanya, cuaca di Batam cepat sekali berubah. Memang hujan disertai angin terjadi namun itu tidak lama. Sehingga pelayaran bisa dilanjutkan.

“Rata-rata 15-20 menit saja. Karena cepat sekali perubahannya,” imbuhnya.

Ernita, warga yang dijumpai di PDS, mengaku memilih mudik ke Tanjungbalai setelah Lebaran karena ingin merayakan Lebaran pertama di Batam. “Sekarang mau berangkat ke rumah orangtua suami. Jadi berangkatnya pasca lebaran pertama,” sebutnya.

Perempuan yang berkerja sebagai PNS ini mengaku akan kembali ke Batam sebelum waktu masuk kerja dimulai kembali. “Paling Sabtu baru balik ke Batam. Karena Senin sudah kerja kembali,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua DPC INSA Batam, Asmadi menambahkan arus keberangkatan masih terus terjadi. Dia berharap cuaca Batam yang saat ini cenderung mendung dan hujan tidak menghambat keberangkatan penumpang.

“Masih ada yang berangkat namun tak seramai sebelum mudik. Mereka yang antarpulau biasanya yang mudik pasca lebaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, untuk saat ini penjualan tiket sudah kembali normal. Kapal yang berangkat juga tidak sebanyak waktu menjelang arus mudik Lebaran.

“Kemarin semua tujuan penuh. Sekarang sudah normal. Tadi ke Dumai ada lima kapal tapi semua tidak penuh,” terangnya. (***)

 

Reporter: Yashinta, Yulitavia