Metro Bintan

Tiket Kapal Roro Habis, Calon Penumpang Nginap di Pelabuhan

Antrean kendaraan calon penumpang kapal RoRo di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan, Jumat (7/6) petang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan dipadati calon penumpang yang membawa kendaraan, Jumat (7/6) petang.

Antrean mengular terlihat dari loket penjualan tiket hingga ke gerbang masuk pelabuhan milik PT ASDP tersebut.

Para calon penumpang tersebut tidak lagi bisa membeli tiket. Pasalnya, tiket kapal sampai sekitar pukul 21.00 WIB, habis terjual.

Akibatnya calon penumpang dan kendaraannya terpaksa menginap di area pelabuhan.

Kepala Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Ipda Budi mengatakan, kapal RoRo hanya melayani sampai pukul 21.00 WIB. Sedangkan tiket kapal sampai jam segitu sudah habis terjual.

“Tinggal tiga trip lagi, kapal terakhir pukul 9 malam. Kayaknya mereka tak berangkat, mobil saja ada yang menginap,” kata Ipda Budi.

Antrean kendaraan calon penumpang kapal RoRo di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Bintan, Jumat (7/6) petang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

Sementara itu, Supervisi ASPD Tanjunguban, Astuni mengatakan, pihaknya tidak menjual tiket lagi karena tiket untuk kapal terakhir sudah habis.

Kendati demikian, ia mengimbau bagi calon penumpang yang mau menunggu di area pelabuhan silakan, namun yang mau kembali ke luar area pelabuhan juga dipersilakan.

“Kayaknya tidak terangkut, untuk mobil sudah ada puluhan yang tidak terangkut. Untuk kendaraan yang tak terangkut, di sini ada yang jaga, kalau malam,” katanya.

“Namun, kami akan berkoordinasi dengan Syahbandar untuk mengupayakan ada tambahan jadwal kapal, namun pihak Syahbandar juga mempertimbangkan cuaca, saat ini cuaca angin kencang dan hujan,” kata Astuni.

Selain itu, dia  mengatakan, biasanya untuk lintasan Tanjunguban-Telagapunggur dilayani 4 armada kapal. Khusus Jumat (7/6) ini sudah dilakukan penambahan 2 armada kapal yakni KM Lome dan KM Senangin.

“Kalau jadi ada 1 lagi penambahan kapal yakni KMP Satria Pratama, kapasitasnya lebih besar,” katanya.

Dia memprediksi arus balik akan terjadi pada Sabtu (8/6) dan Minggu (9/6). Namun demikian, puncaknya pada Minggu (9/6) mendatang. (met)