Nasional

Zakat lewat Online Naik Drastis

SEIRING perkembangan zaman, Baznas juga berupaya mempermudah masyarakat dalam membayar zakat via online. (Foto: Ist)

batampos.co.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sudah menghitung total penghimpunan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) selama Ramadan. Hasilnya, ada kenaikan Rp 20 miliar lebih.

Yang menarik, pembayaran zakat melalui platform atau kanal digital alias via online mengalami kenaikan yang signfikan.

Dirut Baznas, Arifin Purwakananta mengungkapkan, total penghimpunan ZIS oleh Baznas selama Ramadan tahun ini mencapai Rp 73,85 miliar. Raihan ini meningkat sekitar Rp 20 miliar atau 39,3 persen di banding tahun lalu.

’’Raihan selama Ramadan tahun lalu Rp 53 miliar,’’ katanya kemarin.

Dia merinci, pengumpulan ZIS melalui retail masih mendominasi dengan raihan 42 persen. Kemudian dari unit pengumpul zakat (UPZ) tercatat 25 persen. Lalu dari zakat perusahan dan CSR sebesar 15 persen, serta 18 persen pengumpulan lewat online.

Menurut Arifin pembayaran ZIS online naik hampir lipat tiga dibandingkan tahun lalu.

’’Dikarenakan memang ada kampanye pembayaran zakat secara digital yang masif,’’ jelas dia. Selain itu banyak muzakki atau orang yang wajib membayar zakat merasa lebih gampang membayar zakat melalui aplikasi Baznas maupun mitra lainnya.

Arifin mengatakan untuk pembayaran zakat fitrah naik pesat di platform mitra seperti Tokopedia, Kitabisa, dan Bukalapak. Kemudian untuk pembayaran zakat mall banyak yang menggunakan aplikasi Kitabisa, website Baznas, serta Bukalapak.

Sampai saat ini sudah banyak aplikasi pembayaran digital yang digandeng Baznas untuk pembayaran zakat. Selain yang disebutkan tadi juga ada OVO, Dana, Link Aja, serta yang lainnya.

Arifin memperkirakan pada 2020 nanti, proporsi pembayaran ZIS melalui kanal digital bisa mencapai 30 persen dari total pengumpulan Baznas pusat. Selain itu dia ingin memperluas pemanfaatan platform digital. Tidak hanya untuk pembayaran zakat saja. Tetapi juga untuk penyaluran atau pendistribusian zakat. (wan/jpg/gun)