Kabar Pemkab

Disdik Siapkan 2 Titik Counter PPDB Online di Bintim dan Binut

Bupati Bintan Apri Sujadi berinteraksi dengan siswa SMP di Bintan. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Pelajar SD seluruh Kabupaten Bintan dinyatakan telah lulus 100 persen. Juli mendatang, mereka akan mendaftarkan diri untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya di SMP, baik negeri maupun swasta.

Kabid Pendidikan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan, Hosni mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan dilakukan bulan Juli mendatang. Pendaftaran tetap dilakukan sesuai zonasi-zonasi yang ditentukan.

“PPDB nanti kami pastikan mereka diterima semua dan kami juga pastikan mereka tertampung semua di SMP yang ada di Bintan,” ujar Hosni.

Kabupaten Bintan memiliki 41 SMP yang tersebar luas di 10 kecamatan. Diantaranya 31 SMP Negeri dan 10 SMP swasta. Masing-masing SMP memiliki 3 hingga 5 ruang kelas belajar.

Dalam satu ruang kelas belajar, kata Hosni, biasanya menampung 30 hingga 32 pelajar. Namun untuk mengantisipasi banyaknya lulusan SD yang mendaftar. Disdik Bintan akan membuat kebijakan satu ruang kelas belajar menampung 35 hingga 38 pelajar.

“Agar lulusan SD bisa tertampung semua kita akan menambah kapasitas kursi di setiap ruang kelas. Biasanya 32 kursi sekarang bisa jadi 35 hingga 38 kursi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir, M.Pd, M.Si menyatakan bahwa PPDB tahun ini ada 2 sistem, sistem online daring (dalam jaringan) dan off line luring (luar jaringan) dimana yang melaksanakan PPDB Online sebanyak 35 sekolah terdiri dari 20 SD dan 15 SMP dengan sistem yg di gunakan adalah pendekatan zonasi.

“Sistem zonasi dimana tidak bergantung dengan nilai ujian nasional tetapi berdasarkan jarak terdekat dengan sekolah, semakin dekat tempat tinggal siswa dengan sekolah, maka semakin besar peluang siswa tersebut di terima di sekolah tersebut,” ujarnya.

Ditambahkannya juga bahwa pada tahun 2019 ini untuk kemudahan pendaftaran siswa Disdik Bintan akan menyediakan counter pendaftaran siswa baru online di dua titik yaitu satu di Bintan Timur Kijang dan satu lagi di Bintan Utara Tanjunguban.

“Counter pendaftaran PPDB Online disediakan dalam rangka mempermudah orang tua siswa untuk mendaftarkan anaknya dan tidak perlu datang ke sekolah,” ujarnya.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengutarakan bahwa dirinya berharap agar pelaksanaan pendaftaran siswa-siswi baru dapat berjalan dengan lancar.

Dia juga secara khusus meminta agar Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan dapat terus mengevaluasi guna kebutuhan saya tampung siswa.

“Kita berharap pelaksanaan pendaftaran siswa baru dapat berjalan lancar, guna membantu dan mempermudah orang tua murid,” tutupnya. (met)