Metro Bintan

Penderita DBD di Bintan, Meningkat

Januari hingga Juni, RSUD Bintan Tangani 73 Pasien

Loket pendaftaran RSUD Bintan di Kijang, belum lama ini. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Jumlah pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang ditangani Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bintan, kurun waktu Januari hingga pertengahan Juni 2019, sudah berjumlah 73 orang pasien.

Humas RSUD Kabupaten Bintan, Toni mengatakan 73 pasien DBD yang ditangani merupakan pasien dari Kijang, Kecamatan Bintan Timur dan kelurahan desa yang berada di pelayanan RSUD Bintan.

Kendati belum ada yang meninggal dunia, namun demikian kasus DBD yang ditangani pihak RSUD Bintan meningkat dari tahun sebelumnya. Dimana pada tahun lalu jumlah pasien DBD sebanyak 123 orang. Sedangkan hingga pertengahan tahun ini saja sudah lebih dari setengahnya atau sudah 73 kasus.

Kadinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, musim hujan yang melanda Bintan memang ada beberapa warga yang terjangkit DBD.

Gama mengimbau, masyarakat menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Karena di musim hujan saat ini nyamuk pembawa DBD cepat berkembang biak.

Dia juga mengajak masyarakat untuk mencegah penyakit DBD dengan melakukan 3M yakni menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang bekas yang bisa menjadi tempat penampungan air. (met)