Peristiwa

Bawa Pulang Pencari Suaka, Rumah Wanita Bersuami di Kawal Digerebek Warga

batampos.co.id – Belasan warga mengerebek rumah wanita bersuami inisial Rm di RT 04 RW 01 Kelurahan Kawal, Kecamatan Gunung Kijang pada Minggu (16/6) sekitar pukul 04.00 WIB.

Pasalnya, Rm telah membawa pulang ke rumahnya lelaki yang bukan suaminya bernama Hodadat, yang merupakan pengungsi atau pencari suaka yang ditampung di Hotel Bhadra, Km 25 Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Informasi yang dikumpulkan, Sabtu (15/6) sekitar pukul 16.00 WIB, Rm dan Hodadat jalan-jalan ke Tanjungpinang. Setelah keliling Tanjungpinang, Rm memulangkan Hodadat ke tempat penampungan para pengungsi di Hotel Bhadra, Kawal, Gunung Kijang.

Setiba di hotel, Rm beralasan pagar hotel sudah ditutup. Ia kemudian membawa Hodadat ke rumahnya.

“Kan ada sekuriti. Harusnya juga bukan dibawa pulang ke rumah, kan bisa dititipkan di rumah RT atau kantor polisi. Paginya bisa diantar polisi ke penampungan,” kata warga menolak disebut namanya.

Waktu digerebek warga, di rumah tersebut tidak ada suaminya melainkan si wanita dan anaknya serta si lelaki tersebut.

“Suaminya tak ada di rumah,” katanya.

Kemudian mereka dibawa ke Polsek Gunung Kijang.

Lurah Kawal, Daeng Ibrahim membenarkan kejadian ini. Dia sempat ke Polsek, namun keduanya sudah dibawa ke Imigrasi Tanjungpinang.

“Yang wanitanya juga dibawa, katanya untuk diinterogasi,” kata dia singkat.

Ketua RT 4 Kelurahan Kawal, Tumadi mengutuk kejadian ini. Pasalnya, mereka sudah ditampung di Bintan, namun malah membuat masalah.

“Kita minta pihak terkait menertibkan mereka,” kata dia.

Kapolsek Gunung Kijang AKP Dunot P Gurning membenarkan kejadian ini. Kasusnya saat ini kata dia, sedang ditangani anggota. Rencananya, pencari suaka ini akan diserahkan ke Imigrasi.

“Kalau ditemukan tindak pidananya akan kita proses. Namun akan segera kita serahkan ke Imigrasi,” katanya. (met)