Metro Bintan

2020, RoRo Buka Lintasan Penyeberangan Pulau Bintan-Tambelan

Pelabuhan ASDP Tambelan di Kecamatan Tambelan, Bintan. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Kapal Roll On Roll Off akan melayani penyeberangan penumpang dan kendaraan untuk lintasan Pelabuhan ASDP Dompak, Tanjungpinang, Pulau Bintan-Pelabuhan ASDP Tambelan, Bintan dan sebaliknya pada tahun 2020 mendatang.

“Kapal RoRo sudah siap dan akan dioperasikan tahun depan,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi.

Dia mengatakan, jika tidak ada persoalan maka Januari 2020, kapal RoRo baru yang dibangun dari anggaran Kemenhub RI akan mulai dioperasikan melayani penyeberangan penumpang dan kendaraan dari Dompak-Tambelan.

“Insya Allah Januari akan dioperasikan,” kata dia.

Sejauh ini dermaga yang dibangun dari alokasi anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sudah tersedia. Dermaga yang terletak bersebelahan dengan pelabuhan penumpang kapal cepat ini selesai dibangun beberapa tahun lalu dan siap dioperasikan.

Dengan dioperasikannya kapal RoRo, dia berharap membuka akses seluas-luasnya baik sektor pariwisata maupun pembangunan di kecamatan terdepan di Kabupaten Bintan ini karena banyak potensi wisata alam bisa dikembangkan menjadi objek wisata.

“Pantai dan laut di Tambelan masih alami, menurut saya besar potensi untuk dikembangkan menjadi objek wisata unggulan,” kata dia.

Apalagi November 2019 ini, maskapai Susi Air akan melakukan uji coba di bandara Tambelan yang saat ini mulai dibangun terminal dan fasilitas pendukung lainnya.

Sebelumnya Manager Usaha PT. ASDP Cabang Batam, Muhammad Firdaus mengatakan, bahwa pekerjaan kapal RoRo sudah siap, namun menunggu mesin.

Hanya permasalahan ialah kapal ini lebih besar kapasitasnya sehingga kalau merapat di dermaga Pelabuhan Dompak agak sulit karena alur yang dangkal. Pihak ASDP Batam menyarankan ke Kemenhub dipindahkan ke lintasan Tanjunguban-Tambelan karena alur yang sangat dalam. (met)