Politik

Pilkada Bintan, Dewi Kumalasari Lawan Berat Apri Sujadi

M Idha : Dewi Tantang Petahana

Dewi Kumalasari. F.Kiriman Ziko Riady untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi akan mendapatkan perlawanan berat jika sampai Dewi Kumalasari maju dalam bursa pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Bintan pada 2020 mendatang.

Dewi merupakan istri dari mantan Bupati Bintan Ansar Ahmad bukan pemain baru di dunia perpolitikan di Provinsi Kepulauan Riau. Terlebih sang suami sudah dua kali duduk di kursi singgasana dan menjadi pejabat nomor satu di Pemerintah Kabupaten Bintan.

Pemerhati politik, M Idha mengatakan, nama Dewi Kumalasari sudah tidak asing lagi di masyarakat Bintan, bahkan mendapat tempat tersendiri di hati sebagian besar masyarakat Bintan.

“Namanya juga tidak bisa dipisahkan dari nama besar sang suami, Ansar Ahmad,” kata lelaki yang pernah menjadi Caleg Partai Golkar.

Dewi Kumalasari. F.Kiriman Ziko Riady untuk Batam Pos.

Selama dua periode Ansar Ahmad memimpin Kabupaten Bintan, Dewi menjadi pasangan yang setia mendampingi Ansar Ahmad ke mana pun bekerja baik dalam menemani sang suami ketika menjalankan roda pemerintahan maupun kepartaian.

“Dua periode Ansar menjabat, menurut saya Dewi belajar banyak dari sang mentor yang tak lain suaminya sendiri,” kata dia.

Buktinya Dewi berhasil menyerap ilmu banyak dari sang suami dengan berhasil duduk di kursi DPRD Provinsi Kepulauan Riau.

“Sekarang pun Dewi terpilih kembali sebagai legislator di Provinsi Kepri,” kata dia.

Dewi Kumalasari. F.Kiriman Ziko Riady untuk Batam Pos.

Kemudian, masih pendapatnya, Dewi memiliki kendaraan politik yang sudah jelas yakni Partai Golkar. Dimana sang suami ialah pemimpin partai berlambang Pohon Beringin ini.

“Jumlah kursi yang diraih Golkar di dewan Bintan dan dukungan koalisi partai lainnya, saya rasa bisa menjadi tiket bagi Dewi maju sebagai calon Bupati Bintan,” menurutnya.

Secara finansial juga, masih katanya, Dewi memiliki modal yang kuat untuk maju dalam Pilkada Bintan. Apalagi sang suami juga merupakan pengusaha di Provinsi Kepri.

“Pengetahuan sudah ada, kendaraan juga ada, modal pun ada, menurut saya Dewi akan menjadi lawan berat sekaligus penantang petahana yang juga memiliki modal kuat dan memiliki kendaraan partai,” katanya.

Dewi Kumalasari bersama suami. F.Kiriman Ziko Riady untuk Batam Pos.

Dimana berdasarkan data LHKPN yang berhasil diperoleh, Bupati Bintan Apri Sujadi pada tanggal lapor 31 Desember 2017 melaporkan kekayaannya sekitar Rp. 7.468.206.700.

Sedangkan Dewi Kumalasari sebagai anggota DPRD Provinsi Kepri dan Ketua Graksi Golkar melaporkan pada tanggal lapor 31 Desember 2017 melaporkan kekayaannya sekitar Rp. 1.840.167.113.

Lantas ketika disinggung bahwa Dewi ialah sosok wanita sehingga sulit diterima sebagian warga Bintan bahwa Kabupaten Bintan kelak akan dinakhodai oleh sosok seorang wanita?

“Sekarang sudah jamannya kesetaraan gender. Sebagai contoh saja Risma Wali Kota perempuan yang membawa kemajuan untuk Kota Surabaya. Tak jauh, Tanjungpinang juga pernah dipimpin Wali Kota perempuan Suryayati A Manan,” Idha menjawab. (met)