Kabar Pemkab

97 CJH Bintan Dapat Bimbingan Pra Manasik, Ini Pesan Wabup Bintan

Wabup Bintan, Dalmasri Syam membuka kegiatan bimbingan pra manasik haji di Kantor Kemenag Bintan, Sabtu (22/6). F.Kiriman Amalia untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Sebanyak 97 orang calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Bintan mengikuti kegiatan bimbingan pra manasik haji di aula Kantor Kemenag Bintan di Ceruk Ijuk, Toapaya, Sabtu (22/6).

Kegiatan mengangkat tema “melalui pra manasik haji, kita tingkatkan pengetahuan calon jemaah meraih haji mambur” ini dibuka oleh Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam dan Kepala Kemenag Bintan, Erman Zaruddin.

Turut hadir perwakilan Dinas Kesehatan Bintan, dr Bambang Utoyo, dimana beliau dokter yang akan memantau kesehatan para calon jemaah haji Bintan, tim pemandu haji daerah Bintan, Zulkifli.

Kepala Kemenag Bintan, Erman Zaruddin mengawali sambutan dengan melaporkan calon jemaah haji asal Kabupaten Bintan berjumlah 97 orang. Terdiri 43 laki-laki dan 54  perempuan.

Para calon jemaah haji berasal dari Kecamatan Bintan Timur sebanyak 43 orang, Kecamatan Bintan Utara sebanyak 31 orang, Kecamatan Toapaya 8 orang, Kecamatan Gunung Kijang 7 orang, Kecamatan Teluk Bintan dan Kecamatan Bintan Pesisir masing-masing 3 orang dan Kecamatan Teluk Sebong 2 orang.

“Yang tidak ada calon jemaah haji dari Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kecamatan Mantang dan Kecamatan Tambelan,” sebutnya.

Kegiatan pra manasik ini, para calon jemaah haji diberikan informasi mengenai keimigrasian, kesehatan, katering dan pemondokan selama di Mekkah.

Foto bersama para calon jemaah haji asal Bintan dengan Wabup Bintan Dalmasri Syam dalam kegiatan bimbingan pra manasik haji di Kantor Kemenag Bintan, Ceruk Ijuk, Toapaya, Sabtu (22/6). F.Kiiriman Amalia untuk Batam Pos.

“Pemondokan bagi calon jemaah haji embarkasi Sumatera termasuk embarkasi Batam di Syisyah,” ungkapnya.

Calon jemaah haji Bintan, kata dia tergabung di embarkasi Batam. Terdiri dari calon jemaah haji dari Riau, Kalimantan Timur, Jambi dan Kepulauan Riau.

“Kepulauan Riau 3 kloter. Yakni kloter 1, 17 dan kemungkinan kloter terakhir 29,” jelasnya.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menyampaikan bahwa kunci dari haji ialah mempersiapkan mental dan ikhlas.

“Kalau niatnya ibadah, lupakan (sejenak) anak, istri, harta benda apalagi jabatan dan pekerjaan,” kata dia.

“Jika ini bisa dilakukan, Insya Allah menjadi haji yang mabrur,” tambah ia.

Setelah pra manasik haji, para calon jemaah haji asal Bintan akan mendapatkan bimbingan manasik tingkat kabupaten, KUA dan provinsi. (met)