Kabar Pemkab

KPU Bintan Butuh Dana Rp 14,7 Miliar untuk Pilkada Bintan

KPU Bintan menemui Sekda Bintan saat penyerahan proposal kegiatan dan anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak di Kabupaten Bintan ke Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Adi Prihantara di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Jumat (28/6) siang. F.KPU Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Bintan sedang bersiap menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Bintan dihelat pada tahun 2020.

Pada Jumat (28/6) sekitar pukul 13.00 WIB, KPU Bintan menyerahkan proposal kegiatan dan anggaran penyelenggaraan Pilkada serentak di Kabupaten Bintan ke Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Adi Prihantara di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan.

“Dana yang kita butuhkan untuk Pilkada serentak di Kabupaten Bintan sekitar Rp 14,7 miliar,” ujarnya.

Disinggung ihwal Pemkab Bintan akan menyiapkan anggaran Pilkada Bintan sekitar Rp 27 miliar?

“Itu perencanaan awal sebelum cost sharing dari Provinsi,” jelasnya menjawab.

“Kebutuhan anggaran riilnya lebih besar, namun karena berbarengan dengan pemilihan gubernur maka dilakukan cost sharing budget” ujar Haris menambahkan.

Dia juga mengatakan, untuk anggaran honorarium untuk PPK, PPS, KPPS dan Petugas Pantarlih sebagaimana pilkada 2015 juga di KPU Provinsi.

Kemudian sebagian anggaran pelaksanaan pilkada serentak nanti akan diambil alih oleh KPU Provinsi. Lanjut Haris, pihaknya saat ini fokus berkoordinasi dengan Pemkab Bintan hingga penerbitan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) awal oktober nanti.

“Sesuai dengan masukan Pak Sekda, prinsip perencanaan kita lakukan dengan penuh kehati-hatian dan bisa dipertanggungjawabkan sesuai tahapan Pilkada,” tutup Haris. (met)