Peristiwa

Sabu Senilai Rp 1 Miliar Dimusnahkan

Barang bukti sabu hasil tangkapan di jalan raya Usman Harun, dekat Wisma Tepi Laut, Tanjungpinang pada awal Juni lalu dimusnahkan di markas Polres Bintan, Jumat (28/6). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Satresnarkoba Polres Bintan menggelar kegiatan pemusnahan barang bukti narkoba jenis sabu senilai lebih kurang Rp 1 miliar, Jumat (28/6) di markas Polres Bintan.

Barang bukti hasil tangkapan dari tersangka bernama Novy Opriyandi, 35, diamankan di jalan raya Usman Harun, dekat Wisma Tepi Laut Tanjungpinang pada Jumat (7/6) lalu.

Sebelum dimusnahkan narkoba jenis Sabu dites dengan menggunakan alat narkotes. Dari 19 kantong, 3 kantong diambil untuk diuji coba keasliannya. Hasilnya warna sabu berubah menjadi biru. Artinya asli sabu.

Kemudian pemusnahan sabu dilakukan dengan melarutkan ke dalam baskom berisikan air panas. Selanjutnya cairan sabu dibuang ke saluran pembuangan.

Kasatresnarkoba Polres Bintan, AKP Nendra Madya Tias menjelaskan, dari sabu seberat 944,45 gram, 742,68 gram yang dimusnahkan.

“Sebagian kecil digunakan untuk kepentingan uji laboratorium dan untuk pembuktian di persidangan,” kata mantan Kasatresnarkoba Polres Karimun ini.

Lelaki yang akrab disapa Nendra ini mengatakan, sabu diamankan bersama tersangka di jalan raya Usman Harun dekat wisma Tepi Laut, Tanjunginang.

Saat diamankan, tersangka mengaku bahwa sabu akan diselundupkan melalui jalur udara dari Batam ke Palu. Namun sebelum diselundupkan, sabu dibawa dari Batam ke Tanjungpinang untuk dikemas sedemikian rupa karena sabu akan dimasukkan ke anus.

Waktu ke Tanjungpinang, tersangka memanfaatkan arus balik Lebaran dari Pelabuhan Telagapunggur naik kapal RoRo ke Pelabuhan Tanjunguban.

Akibat perbuatan melanggar hukum, warga Tanjungpinang ini dijerat pasal 112 ayat 2 subsider 114 ayat 2 juncto Pasal 132 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2019 tentang Narkotika dengan ancaman penjara seumur hidup. (met)