Metro Bintan

Rp 30 Miliar Bangun Pelabuhan Bongkar Muat Tanjunguban

Target Selesai November 2019

Lokasi pembangunan pelabuhan bongkar muat di Tanjunguban, di Kampung Mentigi, Kelurahan Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara, Jumat (28/6) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

 

PRO BINTAN – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri mengucurkan anggaran Rp 30 miliar untuk pembangunan tahap tiga pelabuhan bongkar muat Tanjunguban.

Kadishub Kepri, Jamhur Ismail menjelaskan, anggaran ini akan dialokasikan untuk pembangunan tahap tiga pelabuhan bongkar muat di Tanjunguban.

Dimana tahun ini akan dibangun penambahan dermaga sepanjang 40 meter. Sebelumnya dermaga sepanjang 60 meter sudah dibangun.

Kemudian, tahun ini juga akan dibangun dermaga berbentuk T di ujung dermaga yang ada saat ini dengan panjang sekitar 100 meter.

“Penambahan dermaga saja tahun ini,” kata dia usai melakukan doa bersama dengan tokoh agama dan masyarakat di lokasi pembangunan pelabuhan bongkar muat Tanjunguban.

Disinggung apakah akan mempengaruhi alur keluar masuk kapal RoRo karena letaknya bersebelahan dengan pelabuhan ASDP Tanjunguban?

“Tidak terganggu, masih ada cela,” jawabnya.

Dia berharap pelabuhan yang ditargetkan selesai November atau Desember sehingga bisa dioperasikan tahun ini akan menjadi pelabuhan resmi kegiatan bongkar muat pertama di Tanjunguban.

“Tidak ada lagi kegiatan bongkar muat dari kapal yang masuk dari kolong rumah. Lalu kegiatan bongkar muat di Pelabuhan ASDP, juga bisa dipindahkan ke sini nantinya,” harap dia menjelaskan.

Instansi mana yang akan mengelolanya (pelabuhan) nanti? Dia mengatakan, pelabuhan ini akan dikelola Dishub Kepri.

“Akan dibentuk UPTnya sebagai pengelola di pelabuhan. Nanti juga ada unsur kepelabuhan lainnya misalkan karantina dan lainnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, setelah dioperasikan, pelabuhan ini akan berlaku retribusi kepelabuhan sesuai perda yang sudah ada.

“Retribusi yang berlaku nanti kita usahakan ┬ámurah sehingga tidak memberatkan pengusaha dan pekerja,” tutupnya.

Sekedar diketahui, pembangunan pelabuhan bongkar muat Tanjunguban dibangun bertahap.

Tahap pertama pada tahun 2017, Dishub Kepri mengucurkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk pancang tiang pembatas.

Tahun kedua pada 2018 dikucurkan anggaran sekitar Rp 13 miliar untuk penimbunan dan pembayaran lahan, lalu  tahap tiga pada tahun 2019 dikucurkan alokasi anggaran Rp 30 miliar. (met)