Metro Bintan

Ada Gugatan di MK, KPU Bintan Belum Tetapkan Calon Dewan Terpilih

Komisioner KPU Bintan, Rusdel. F.Dokumen pribadi untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Hingga saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan belum menetapkan calon legislatif (caleg) terpilih yang bakal duduk di kursi DPRD Bintan periode 2019-2024.

Pasalnya, masih ada sengketa pemilihan legislatif (Pileg) yang diajukan PDIP dan Golkar di Mahkamah Konstitusi (MK).

Komisioner KPU Bintan, Rusdel menjelaskan, pihaknya belum bisa menetapkan caleg terpilih yang akan duduk di kursi DPRD Bintan karena masih ada dua partai yakni PDIP dan Golkar yang mengajukan permohonan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke MK.

Dikatakannya, sidang PHPU kedua partai ini baru akan dilaksanakan antara tanggal 9 Juli hingga 9 Agustus 2019.

“Setelah putusan MK, baru kami lakukan rapat pleno penetapan calon terpilih,” kata Rusden dihubungi, Minggu (30/6) siang.

Gugatan yang diajukan PDIP terkait selisih suara dengan PKS di Dapil 3 Kecamatan Bintan Timur.

Sedangkan gugatan yang diajukan Partai Golkar terkait selisih suara antara caleg H. Amran dan Aisyah di TPS 12 Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur.

Dari Pileg kemarin, Partai Demokrat meraih delapan kursi, Partai Golkar dengan enam kursi. Kemudian Nasdem menempatkan empat kadernya.

Sementara, PKS diperkirakan meraih tiga kursi, PDIP diperkirakan dua kursi. Hanya perolehan kursi kedua partai ini masih menjadi polemik karena PDIP membawa perkara Pemilu ini ke MK.

Sedangkan PAN dan Hanura dengan masing-masing satu kursi. (met)