Kabar Pemkab

PPDB 2019, Disdik Bintan Buka Tiga Jalur Seleksi

35 Sekolah Laksanakan PPDB Online

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan hadiah kepada anak-anak berprestasi di Tambelan saat kunjungan kerjanya, baru-baru ini. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan membuka tiga jalur seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Pendaftaran PPDB online secara resmi dimulai mulai tanggal 1 hingga 5 Juli 2019 mendatang.

Kadisdik Bintan Tamsir menyebutkan, tiga jalur dalam PPDB tahun ini, yakni zonasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua/wali.

Dijelaskannya, untuk  jalur zonasi ini, sekolah yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah wajib menerima calon peserta didik yang berdomisili sesuai zona yang ditetapkan oleh pemerintah daerah.

Sedangkan untuk jalur prestasi merupakan peserta didik berprestasi yang berdomisili di luar zonasi sekolah yang bersangkutan.

Dimana, penentuan diterimanya peserta didik melalui jalur prestasi ini ditentukan melalui nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) atau Ujian Nasional (UN), serta prestasi atau penghargaan di bidang akademik maupun nonakademik pada tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota.

Sedangkan untuk jalur perpindahan tugas orang tua/wali merupakan calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah bersangkutan dan mengikuti perpindahan tugas orang tua yang dibuktikan dengan surat penugasan orang tua dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

Di Bintan sendiri terdapat, 35 sekolah yang melaksanakan sistem PPDB online yang terdiri atas 20 sekolah tingkat SD dan 15 sekolah tingkat SMP.

Guna kelancaran proses PPDB online, Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan telah menyiapkan 2 lokasi konter yang akan membantu wali murid/siswa yaitu di Gedung LAM Kecamatan Bintan Timur dan Gedung Nasional Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

“Kita terus melakukan persiapan dan secara keseluruhan, pelaksanaan PPDB online kita harapkan nantinya bisa berjalan lancar,” ujarnya, Minggu (30/6) pagi.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta agar pihak sekolah mampu melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Bintan secara transparan, karena menurutnya aturan regulasi pelaksanaan tersebut sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

“Saya rasa secara regulasi, aturannya sudah jelas, jadi kita juga sudah meminta ke setiap sekolah agar proses pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) harus berlangsung secara transparan,” ujarnya.

Dikatakannya juga untuk siswa berprestasi,  terdapat khusus penambahan kuota jalur prestasi yang semula paling banyak 5 persen dari daya tampung sekolah, naik menjadi paling banyak 15 persen.

“Tekhnisnya nanti diatur, prinsipnya anak-anak berprestasi tentunya memiliki ruang gerak dengan penambahan kuota, sehingga anak-anak berprestasi gak usah khawatir,” tutupnya. (met)