Kabar Pemkab

Lomba Teknologi Tepat Guna 2019 Dimulai, Diikuti 16 Peserta

Sekda Bintan, Adi Prihantara saat membuka lomba TTG tingkat Kabupaten Bintan 2019 di GOR Kawal, Kecamatan Bintan Timur, Senin (1/7). F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – 16 peserta dari sekolah, poyantek berlaga dalam lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) 2018 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan.

Lomba TTG 2019 tingkat Kabupaten Bintan ini telah dimulai Senin (1/6) di GOR Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Kadis PMD Bintan Ronny Kartika menjelaskan, lomba ini digelar untuk mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat desa.

Dengan sentuhan TTG dia berharap peserta mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di pedesaan.

“TTG tidaklah selalu alat atau mesin, melainkan juga dapat berupa teknologi proses atau produk yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan,” jelasnya.

Untuk itu diharapkan para kepala desa dapat memanfaatkan kegiatan TTG tersebut untuk membantu dan melakukan sosialisasi atau memfasilitasi masyarakat pentingnya penenarapan teknologi tepat guna dalam pengelolaan potensi sumber daya alam yang cukup melimpah di desa.

“Begitu juga dengan Pemerintah Kabupaten Bintan,” kata dia.

Dengan TTG juga, sambungnya diharapkan akan mampu mengoptimalkan keberadaan masyarakat kelembagaan masyarakat yang telah terbentuk di Bintan khususnya yaitu pos pelayanan teknologi tepat guna (Posyantek).

Dimana, fungai Posyantek tidak hanya sebagai sumber informasi dan promosi terkait dengan teknologi tepat guna melainkan juga agar mampu menjembatani masyarakat pengguna teknologi dengan sumber TTG.

Kabupaten Bintan dengan beragam potensi kekayaan alam menunggu untuk di kembangkan, dikelola dan dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa di Kabupaten Bintan menuju Bintan gemilang.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara menyampaikan kegiatan ini sebagai ajang kreativitas dan inovasi di setiap daerah khususnya di Kabupaten Bintan.

Salah satu Visi-misi Pemerintah Kabupaten Bintan adalah memberdayakan pemuda dan memberikan peluang kepada pemuda untuk berprestasi, mandiri dan berdaya saing.

Salah satunya berprestasi dalam Teknologi tepat guna, Karena dalam pengembangan TTG juga infrastrukstrur bisa mendukung teknologi di Bintan. Dengan harapan untuk bersama-sama dan bahu-membahu untuk meningkatkan Bintan Gemilang.

Dalam lomba teknologi tepat guna tahun 2019 tingkat Kabupaten Bintan akan dipilih juara 1, 2 dan 3 yang nantinya akan mewakili kabupaten Bintan pada ajang TTG tingkat Provinsi Kepulauan Riau. (met)