Metro Bintan

Pembuatan SIM di Bintan Meningkat

Sejumlah warga yang melakukan permohonan layanan SIM saat diarahkan petugas untuk mengisi indeks kepuasan masyarakat di kantor Lantas Polres Bintan di Tanjunguban, Kamis (4/7). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Warga yang melakukan permohonan pelayanan surat izin mengemudi (SIM) baik SIM baru maupun perpanjangan di kantor Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bintan meningkat.

Dalan sebulan, warga yang melakukan permohonan layanan SIM mencapai sekitar 500 orang. Sedangkan tahun 2018 lalu, per bulan, warga yang melakukan permohonan layanan SIM antara 250 sampai dengan 300 orang.

“Sekarang sebulan bisa sekitar 500 orang,” kata Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Cut Putri Amelia Sari, Kamis (4/7) siang.

Dia menjelaskan, meningkatnya warga yang melakukan permohonan layanan SIM di kantor Lantas Polres Bintan di Tanjunguban, salah satunya karena sudah terpasang aplikasi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Sebuah aplikasi yang terpasang dalam piranti komputer dan diletakkan di ruang tunggu, menurut dia mengajak masyarakat untuk memberikan saran, masukan dan kritikan sehubungan layanan SIM di kantor Lantas Polres Bintan.

“Setiap warga yang hendak membuat SIM, kita arahkan mengisi aplikasi IKM,” kata dia.

Dari sinilah, pihaknya menerima segala masukan dari warga tentang sarana dan prasarana layanan SIM di kantor Lantas Polres Bintan.

“Semisal keramahan petugas dalam melayani,” ujarnya.

Setelah menerima semua masukan melalui aplikasi IKM, dia mengatakan, masukan tersebut akan menjadi sebagai bahan evaluasi ke depannya.

“Dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan layanan SIM lebih baik,” tutupnya. (met)