Metro Bintan

Penderita HIV AIDS di Bintan Bertambah

Ilustrasi

PRO BINTAN – Penderita penyakit HIV dan AIDS di Kabupaten Bintan bertambah di tahun 2019.

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengakui jumlah penderita HIV dan AIDS di Kabupaten Bintan bertambah pada tahun 2019.

Dia menyebut Dinas Kesehatan Bintan mencatat jumlah penderita HIV pada 2018 sebanyak 34 orang, sedangkan penderita AIDS sebanyak 25 orang.

Kemudian sejak bulan Januari hingga Juni 2019 berdasarkan data Dinkes Bintan tercatat jumlah penderita HIV di Kabupaten Bintan bertambah sebanyak 6 orang sedangkan untuk penderita AIDS bertambah sebanyak 3 orang.

Artinya dalam 1 tahun 6 bulan atau 18 bulan terakhir jumlah penderita HIV menjadi 40 orang dan penderita AIDS menjadi 28 orang.

“Tahun ini memang bertambah namun tidak signifikan. Kalau dibandingkan tahun lalu, tahun ini sudah mulai menurun,” kata dia.

Menurut dia, penularan HIV dan AIDS di Kabupaten Bintan disebabkan seringnya bergonta-ganti pasangan. Bahkan ada yang ditularkan dari pasangan sesama jenis baik pria atau wanita.

Sejauh ini, pihaknya terus menekan penyebarluasan penyakit ini dengan melakukan penjaringan melalui screening calon  pasangan yang hendak menikah dan ibu hamil.

“Kalau nanti hasilnya ditemukan kasus ini, kami akan berikan obat ARV (anti-retroviral),” ujarnya. (met)