Kabar Pemkab

Tingkatkan Pelayanan, Polres Bintan Luncurkan Tiga Aplikasi Berbasis Android

Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Kapolres Bintan, Boy Herlambang serta unsur pimpinan TNI menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya aplikasi pelayanan berbasis android saat puncak peringatan HUT ke 73 Bhayangkara di Polsek Bintan Utara, Rabu (10/7). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Kepolisian Resor (Polres) Bintan terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Bintan.

Rabu (10/7), Polres Bintan melucurkan inovasi berbasis Informasi Teknologi (IT) berupa tiga aplikasi Polres Bintan mobile berbasis android yang dikenalkan ke masyarakat saat puncak peringatan HUT ke 73 Byayangkara di markas Kepolisian Sektor Bintan Utara di Tanjunguban.

Tiga aplikasi tersebut  ialah aplikasi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT). Aplikasi ini memudahkan masyarakat melaporkan kehilangan SIM, STNK, KTP, ATM dan lainnya.

Kemudian aplikasi Sislinar dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan penyalahgunaan narkotika di lingkungannya. Juga memudahkan masyarakat melaporkan bila ada remaja atau pelajar yang  menggunakan lem berlebihan untuk mabuk.

Terakhir ialah aplikasi Silabin untuk memudahkan masyarakat melaporkan kejadian kecelakaan jalan raya atau aksi balap liar hingga gangguan kamtibmas atau bahkan jalan berlubang.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memudahkan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan sim online.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menyampaikan, saat ini tidak bisa dipungkiri masyarakat tidak bisa dilepaskan dari teknologi terlebih di era serba digital dimana saat ini teknologi membantu memudahkan pekerjaan.

Oleh karena itu, Polres Bintan melucurkan aplikasi Polres Bintan mobile berbasis teknologi. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mengupdate informasi yang berkaitan pelayanan publik, pesan kamtibmas dan pengaduan dini.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Polres Bintan.

“Sudah jamannya teknologi, saya percaya aplikasi ini akan memudahkan pelayanan kepolisian ke masyarakat,” kata dia.

Dia juga berjanji akan membantu menyosialisasikan aplikasi ini ke masyarakat melalui pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa supaya aplikasi ini semakin diketahui oleh masyarakat. (met)