Metro Bintan

Aparatur Desa di Bintan Dibekali Pelatihan Sipades

72 aparatur desa mengikuti bimtek sistem informasi pengelolaan aset desa di Hotel CK Tanjungpinang. F.Dinas PMD Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Sekitar 72 orang aparatur desa dari kaur umum dan staf pengelola aset desa mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pengelolaan Aset Desa (Sipades).

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari mulai, Senin (8/7) di Hotel CK Tanjungpinang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika membuka acara pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Kabupaten Bintan.

“Kami berharap setelah pelatihan ini, kemampuan aparatur desa menjadi lebih baik. Khususnya, terkait dengan pencatatan, dan pengelolaan aset,” kata Ronny kepada wartawan di sela kegiatan.

Selama dua hari peserta dibekali pengetahuan yang diberikan langsung oleh narasumber ahli.

Yakni, dari Dirjen Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Sipades merupakan aplikasi pencatatan administrasi pengelolaan aset desa. Mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan. Yang dilengkapi dengan kodefikasi dan labelisasi aset desa sesuai dengan Pedum kodefikasi aset desa.

Tak hanya teori yang diperoleh peserta, mereka juga langsung melaksanakan praktik dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi yang diterapkan menggunakan komputer, untuk pendataan dan pengelolaan aset desa.

Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan, dan pemahaman aparatur pemerintahan desa dalam pencatatan aset. Sehingga meminimalisir risiko hilangnya aset desa.

Kemudian, dapat menertibkan penggunaan aset, untuk berdayaguna, dan berhasil guna bagi pemerintah serta masyarakat desa.

Di samping memudahkan kepala desa dalam menyampaikan laporan kekayaan milik desa. Dan, membantu pemerintah desa dalam tatakelola aset yang dimiliki. Termasuk inventarisasi, kodefikasi dan labelisasi aset desa. (met)