Metro Bintan

Musim Durian Datang, Durian Asli Bintan Paling Dicari

Seorang pedagang durian mulai banyak dijumpai di jalan raya Lintas Barat, Rabu (17/7) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Akhir-akhir ini sudah banyak dijumpai pedagang durian di sepanjang jalan raya Lintas Barat, Kabupaten Bintan.

Salah seorang pedagang durian di jalan raya Lintas Barat, Bintan, Alwi mengatakan, durian yang memiliki aroma dan rasa khas durian asli Bintan sudah mulai ramai dijajakan di jalan raya Lintas Barat.

Hanya durian yang panen saat ini dari pohon durian di Bintan belum sebanyak tahun kemarin. “Baru mulai Juni kemarin sudah mulai panen, namun satu sampai tiga pokok sehari, mungkin Agustus mulai banyak,” kata dia.

Durian asli Bintan diantaranya durian daun, durian belimbing, telur dan jantung. Harga durian berkisar Rp 40 ribu sekilo hingga Rp 130 ribu sekilo.

“Durian daun alias durian hutan, durian yang paling dicari karena rasanya beda sekali, isinya warna putih rasanya seperti susu kadang lebih manis dari gula dan susu,” jelasnya.

Sementara penjaga kebun di Kampung Tanjungpisau, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Makrub mengatakan, sudah musim durian dan banyak masyarakat yang mencari durian asli Bintan.

“Durian Bintan memang paling dicari, apalagi ada yang mencari sampai ke kebun. Kalau saya menjualnya Rp 40 ribu sekilo, tapi ada yang bagus bisa lebih dari itu. Tergantung duriannya,” kata dia. (met)