Metro Bintan

Oprit 4 Jembatan di Jalan Lintas Barat, Ambles

Turun Hingga 5 Centimeter

Sejumlah pekerja sedang mengambil sampel tanah di jembatan ke tiga dari Tanjunguban-Tanjungpinang, Jalan Lintas Barat, Jumat (19/7) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Akses jalan penghubung 4 jembatan di Jalan Raya Lintas Barat, Kabupaten Bintan kembali mengalami penurunan alias ambles di bagian opritnya.

4 jembatan yang opritnya ambles ialah Jembatan Ekang dan Jembatan Anculai Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, lalu Jembatan Selat Bintan Desa Bintan Buyu Kecamatan Teluk Bintan dan Jembatan Kangboi Desa Tembeling Kecamatan Teluk Bintan.

Amblesnya oprit jembatan rata-rata berkisar 3 hingga 5 centimeter (cm).

Pada Jumat (19/7) siang terlihat sejumlah pekerja sedang bekerja mengambil sampel tanah untuk dikaji apa yang menyebabkan amblesnya tanah di jalan penghubung jembatan.

Seorang pekerja di lapangan mengaku bernama Niki mengatakan, saat ini mereka mengambil sampel tanah di dekat oprit jembatan yang ambles. Pekerjaan ini di bawah Satker Pembangunan Jalan Nasional (PJN).

“Cuma 4 jembatan saja yang diambil sampel tanah. Dua di sini, lalu Jembatan Selat Bintan dan Jembatan Kangboi,” jelas lelaki yang mengaku dari Bandung.

Dia mengatakan, ini sudah tahun ketiga pengambilan sampel tanah. Tahun 2019 ini, amblesnya akses jalan penghubung di bagian opritnnya rata-rata 3 hingga 5 sentimeter.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan pengawas lapangan pekerjaan tersebut Akir belum berhasil dikonfirmasi.

Terpisah Kabid Bina Konstruksi Dinas PUPR Kabupaten Bintan, Agung mengatakan, kalau jalan lintas barat merupakan kewenangan Satker PJN karena jalan tersebut masuk dalam kategori jalan nasional.

“Kalau jalan lintas barat jalan nasional di bawah Satker PJN. Coba saja tanyakan ke bina marga provinsi,” kata dia. (met)