Metro Bintan

Gandeng PT BRC, Disnaker Bintan Gelar FGD Ketenagakerjaan

Diikuti Seluruh Manajemen Perusahaan di Bintan

Kadisnaker Bintan, Indra Hidayat menyampaikan maksud diadakannya FGD Pembinaan Ketenagakerjaan di aula Politeknik Bintan Cakrawala Lagoi, Senin (22/7). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan mengandeng PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) menggelar Fokus Group Discusion (FGD) pembinaan ketenagakerjaan di aula Politeknik Bintan Cakrawala Lagoi, Senin (22/7).

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan manajemen perusahaan yang berada di Kabupaten Bintan.

Kadisnaker Bintan, Indra Hidajat menjelaskan kegiatan ini bermaksud untuk mengetahui sistem ketenagakerjaan dari segala bidang. Menurut dia, perencanaan tenaga kerja merupakan proses penyusunan ketenagakerjaan secara sistematis untuk menyusun kebijakan dan strategi dalam program pembangunan ketenagakerjaan yang berkesinambungan.

Dari kegiatan ini dia berharap nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam hubungan industrial.

Dia juga menyampaikan bahwa ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh perusahaan seperti laporan wajib lowongan, laporan aktivitas perusahaan terkait ketenagakerjaan dan juga laporan pihak perusahaan yang sudah menerima tenaga kerja yang menyerahkan kartu kuning kepada Disnaker sehingga penempatan tenaga kerja dapat dibukukan.

“Banyak permasalahan terkait ketenagakerjaan yang harus diselesaikan, ┬ákita mengadakan FGD ini agar pelaku usaha mengerti dan memahami tentang ketenagakerjaan khsususnya yang menyangkut kewajiban perusahaan,” ujarnya.

FGD yang dilaksanakan juga berguna dalam upaya penyusunan oerencanaan tenaga kerja yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bintan untuk menetapkan kebijakan terkait tenaga kerja.

“Kami juga berupaya menghasilkan para milenial sebagai SDM yang berperan penting dalam menyonsong pariwisata melalui kegiatan pelatihan Kepariwisataan,” tutupnya. (met)