Metro Bintan

Pegawai RSUD EHD Tanjunguban Dilatih Atasi Kebakaran

Pegawai RSUD EHD Tanjunguban dilatih menggunakan APAR saat pelatihan mengatasi musibah kebakaran di lingkungan rumah sakit, Selasa (23/7) siang. F.Humas RSUD EHD Tanjunguban untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Sebanyak 45 orang pegawai RSUD Engku Haji Daud (EHD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengikuti pelatihan mengatasi musibah kebakaran di lingkungan rumah sakit, Selasa (23/7) siang.

Kasubag Diklat RSUD EHD Tanjunguban, Ahmad Nasib menyampaikan, latihan mengatasi musibah kebakaran ini bekerjasama dengan UPT Damkar Tanjunguban.

Tujuannya agar tenaga medis dan tenaga nonmedis memiliki kemampuan mengatasi musibah kebakaran di lingkungan rumah sakit pelat merah.

“Para pegawai dalam pelatihan ini dilatih bagaimana penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan langkah yang semestinya dilakukan ketika berlaku musibah kebakaran,” kata dia menjelaskan.

Kata dia, pelatihan ini rutin dilaksanakan setiap tahun karena musibah kebakaran tidak mengenal waktu, bisa berlaku kapan saja dan di mana saja.

“Latihan ini untuk mengingatkan kembali pegawai bagaimana menggunakan APAR karena bila suatu waktu¬† terjadi kebakaran mereka bisa menjadi penyelamat bagi pasien dan diri sendiri,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Damkar Tanjunguban, Panyodi menjelaskan, materi pelatihan diberikan tidak semata penggunaan APAR.

Pegawai juga mendapatkan materi  fenomena api atau kebakaran, alat pemadam kebakaran sekaligus cara menggunakannya, kemudian materi tanggap darurat kebakaran, manajemen penanggulangan kebakaran dan diakhiri simulasi. (met)