Metro Bintan

Berdayakan Penyandang Disabilitas melalui UEP dan KUBE

Warga Tambelan ketika mengikuti sosialisasi program kesejahteraan sosial penyandang disabilitas di Kecamatan Tambelan, belum lama ini. F.FKKAD Bintan untuk Batam Pos.

PRO PINANG – Forum Komunikasi Keluarga Anak Disabilitas (FKKAD) Bintan meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan memberdayakan penyandang disabilitas melalui program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) atau Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

Tujuannya agar mereka memiliki kehidupan mandiri dan bisa meningkatkan kesejahteraan.

“Penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai warga negara untuk mendapatkan perubahan hidup lebih baik,” kata penanggungjawab kegiatan, Muhammad Jamil dalam acara sosialisasi yang digelar FKKAD Bintan di Kecamatan Tambelan, belum lama ini.

Dia juga mengharapkan penyandang disabilitas memiliki peran dan fungsi sosial yang sama misalkan diberdayakan melalui UEP dan KUBE.

Sehingga bakat dan minat usahanya tergali dan berkembang sesuai dengan kompetensinya.

Sementara Kabid Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Bintan, Syafnur menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan agar penyandang disabilitas menjadi percaya diri, optimis, berpikir dan bertindak positif, serta dapat berperan aktif di lingkungan masyarakat.

“Di sinilah diperlukan dukungan keluarga dan masyarakat,” tutupnya. (met)