Metro Bintan

Sekolah Satu Atap Kampung Bintan Enau Direhab Rp 2,7 Miliar

Pekerjaan rehabilitasi Sekolah Satu Atap di Kampung Bintan Enau, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Senin (29/7) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Sekolah Satu Atap di Kampung Bintan Enau, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan terdiri SDN 008 dan SMPN 21 direhab dengan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) tahun 2019 sebesar Rp 2,7 miliar.

“Dia sepaket. Kalau di kita, Rp 2,7 miliar untuk rehabilitasi ruang dan pagar,” kata Basaf, guru SDN 008 Satu Atap Kampung Bintan Enau ditemui di lokasi.

Lima ruang lama diantaranya 4 ruang kelas belajar dan 1 ruang perpustakaan saat ini telah dibongkar.

“Saat ini sudah dibongkar, nantinya akan dibangun 10 ruang diantaranya ruang majelis guru, ruang musala dan pepustakaan. Sisanya Ruang Kelas Baru (RKB),” katanya.

Dia menjelaskan, 10 ruang nantinya dibangun bertingkat. Dimana lantai 1 terdiri 5 ruang dan lantai 2 terdiri 5 ruang.

Kendati masih dalam tahap pekerjaan, dia mengatakan, aktivitas belajar mengajar siswa baik SD dan SMP tidak terganggu.

Lelaki yang mengajar di SD tersebut mengatakan, hanya 1 ruangan kelas terpaksa dibagiĀ  menjadi dua ruang belajar.

“Karena kita kekurangan lokal, makanya 1 lokal ruang kelas disekat menjadi dua ruang lokal. Sebagai pembatasnya lemari,” kata dia.

Untuk diketahui di sekolah Satu Atap Kampung Bintan Enau memiliki 9 rombongan belajar (rombel) terdiri dari 6 rombel SD dan 3 rombel SMP. Dimana 1 rombel SD berisikan siswa sekitar 16 orang sedangkan 1 rombel SMP berisikan siswa antara 20 sampai 23 siswa.

Sementara Kades Bintan Buyu SunardiĀ  mengatakan, warga menyambut positif pembangunan sekolah ini.

Hanya sejak awal, kata dia, cuma disayangkan tidak ada koordinasi kontraktor dengan pihak pemerintah desa.

Padahal, kata dia, ada warga yang siap menghibahkan lahan untuk pembangunan ruang kelas yang baru.

“Tidak ada masalah, cuma dari awal tidak ada koordinasi dengan desa saja,” kata dia.

Plang proyek di lokasi pekerjaan, tertulis program pembinaan dan pengembangan infrastruktur pemukiman dan kegiatan rehabilitasi prasarana infrastruktur pendidikan dasar dan menengah ini untuk rehabilitasi dan renovasi sarana dan prasarana sekolah di Kota Batam dan Bintan.

erdiri dari Sekolah Satu Atap Teluk Bintan, SDN 002 Galang, dan SMPN 22 Satu Atap Mapur dengan total anggaran Rp 6,9 miliar lebih. (met)