Metro Bintan

Baru 400 UMKM di Bintan Terinput ODS Kementerian

Kadis Perindustrian dan Perdagangan Bintan, Dian Nusa. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – 11 Kelompok Usaha Ekonomi Produktif (KUEP) yang ada di Kecamatan Bintan Utara dan Kecamatan Seri Kuala Lobam menerima bantuan peralatan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bintan.

Bantuan peralatan berupa mesin jahit, mesin pembersih bulu ayam, mesin pengemas cetak dan berbagai peralatan lainnya diserahkan di tiga lokasi berbeda.

Kepala Disperindag Bintan, Dian Nusa mengatakan dirinya ingin mendata KUEP yang masih aktif untuk kemudian didaftarkan ke sistem Kementerian.

Dikatakannya di Bintan ada lebih 1.100 usaha kecil menengah namun usaha kecil menengah masuk online data sistem (ODS) terkoneksi dengan sistem kementerian baru sekitar 400an.

Kendalanya banyak usaha kecil menengah di Bintan belum memiliki NPWP sedangkan untuk membuat izin usaha kecil menengah harus memiliki NPWP.

“Banyak bantuan yang bisa didapat dari Kementerian, yang terpenting KUEP nya jelas, aktif dan terus produktif,” tutupnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengharapkan semua pelaku ekonomi produktif bisa terus eksis dan berkembang.

“Banyak kebijakan yang kita buat, terkait permodalan dan teknis operasional usahanya. Semua itu kami harapkan diikuti,” paparnya saat menemui beberapa KUEP di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Selasa (30/7).

Kebijakan ini tak lain sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban yang diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2008 tentang UKM. Selain Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, 2 KUEP di Kecamatan Tambelan juga akan menerima bantuan ini yang nantinya akan lanbsung didistribusikan ke sana.(met)