Metro Bintan

Dinsos Bintan Matangkan Program Bedah Rumah Swadaya ASN

Kepala Dinas Sosial Bintan, Edi Yusri. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Dinas Sosial Kabupaten Bintan sedang mematangkan program bedah rumah yang merupakan swadaya Aparatur Sipil Negeri (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan.

Kepala Dinas Sosial Bintan, Edi Yusri menyampaikan, saat ini pihaknya sedang mematangkan program bedah rumah yang sumber bantuannya berasal dari swadaya ASN.

Terlebih, Dinsos Bintan sudah diminta Bupati Bintan Apri Sujadi untuk mematangkan program ini.

“Ya pak Bupati sudah meminta ke kita untuk mematangkan program ini,” kata Edi Yusri usai penyerahan program Secanting Beras bagi masyarakat kurang mampu Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Kecamatan Bintan Utara di Gedung Nasional Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Sabtu (3/8) siang.

Dalam kegiatan secanting beras ini, dilakukan penyerahan 370 karung beras bagi keluarga penerima manfaat.

Sementara Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan, banyak program pemerintah pusat yang penerimanya kurang tepat sasaran karena menggunakan data yang tidak terkini. Seperti program Rastra dan RTLH.

Untuk itu, pihaknya menciptakan program secanting beras seikhlasnya swadaya ASN untuk menyasar masyarakat yang di luar penerima Rastra.

“Jadi ke depan kita sedang matangkan program bedah rumah bagi menampung aspirasi masyarakat di luar penerima RTLH,” ujarnya.

Dikatakannya saat ini, terobosan-terobosan inovasi harus dilakukan untuk menyiasati kekurangan atas program pemerintah pusat karena data yang tidak update.

“Banyak program itu sebenarnya bermanfaat, namun karena lama turun ke daerah sehingga program tersebut menjadi harus disiasati seperti alokasi yang diterima dengan harga barang bangunan yang terus meningkat dan tentunya,” jelasnya.

Dia berharap dengan program Bedah rumah Swadaya ASN ini mampu menyempurnakan program tersebut. (met)